Kamis, 12 Juli 2012

Dewa Kematian Dalam Berbagai Mitologi

Dewa memiliki bermacam-macam wujud, biasanya berwujud manusia atau binatang. Mereka hidup abadi. Mereka memiliki kepribadian masing-masing. Mereka memiliki emosi, kecerdasan, seperti layaknya manusia. Beberapa fenomena alam seperti petir, hujan, banjir, badai, dan sebagainya, termasuk keajaiban adalah ciri khas mereka sebagai pengatur alam. Mereka dapat pula memberi hukuman kepada makhluk yang lebih rendah darinya. Berikut ini dewa kematian diberbagai belahan dunia:


1. Anubis

Anubis dalam kepercayaan Mesir Kuna dianggap sebagai dewa kematian dengan  wujud kepala anjing dan badan manusia. Anubis adalah nama Mesir untuk dewa berkepala anjing yang berhubungan dengan mumi dan kehidupan setelah kematian pada mitologi Mesir. Pada bahasa Mesir Kuna, Anubis dikenal sebagai Inpu. Penemuan yang tertua menyebut Anubis pada teks piramid kerajaan tertua, di sana ia dihubungkan dengan kekerasan seorang raja pada saat itu.


2. Osiris

Osiris ialah dewa maut Mesir Kuno, dalam beberapa literatur mesir kuno, ia disebut juga dengan: Asar, Asari, Aser, Ausar, Ausir, Wesir, Usir, Usire or Ausare. Kerajaannya terdapat di barat, ia menghakimi jiwa manusia menurut pahala yang mereka kumpulkan.


3. Odin

Dalam Mitologi Nordik, Odin adalah pemimpin para Dewa. Namanya konon berasal dari kata “óðr” (baca: Odhr), yang berarti “perangsang”, “kemarahan”, dan “puisi”. Sebagai pemimpin para Dewa, ia memiliki banyak peran: Dewa kebijaksanaan, Dewa perang, Dewa pertempuran, dan Dewa kematian.


4. Thanatos

Thanatos adalah dewa kematian dalam mitologi Yunani. Dia membawa kematian yang tenang dan damai, berkebalikan dengan salah satu saudaranya, Ker, pembawa kematian yang menyakitkan. Thanatos adalah anak dari Niks dan Erebos dan memiliki saudara kembar Hipnos. Saudaranya yang lain yaitu: Geras (dewa masa tua), Oizis (dewa penderitaan), Moros (dewa ajal), Apate (dewi penipuan), Momos (dewa ejekan), Eris (dewi perselisihan), Nemesis (dewi pembalasan) dan Kharon. Thanatos sering digambarkan sebagai pria tua bersayap.


5. Yama

Yama adalah dewa akhirat dalam agama Hindu. Menurut kepercayaan umat Hindu, dialah dewa yang pertama kali dijumpai oleh roh orang mati saat berangkat menuju wilayah surgawi, sehingga dia juga bergelar dewa kematian. Tugasnya yang utama adalah mengadili roh orang mati, dengan didampingi oleh asistennya yang disebut Citragupta, pencatat karma manusia. Karena keadilannya, ia disebut pula Dharmaraja.

Yama memiliki wahana berupa seekor kerbau betina. Ia bersenjata gada atau danda dan membawa jerat. Dia memiliki dua anjing mengerikan bermata empat yang bertugas menjaga jalan yang dilewati roh orang mati menuju alam Yama.


6. Ker

Ker adalah dewi kematian dalam mitologi Yunani. Para Ker adalah dewi yang membawa kematian yang kejam, termasuk kematian dalam pertempuran, kecelakaan, pembunuhan atau penyakit. kebalikan dari Thanatos yang memberi kematian yang damai. Para Ker digambarkan sebagai makhluk gelap dengan cakar dan gigi bergemeretak dan haus darah.

Para Ker adalah makhluk yang haus darah dan secara kejam merobek jiwa dari tubuh yang sekarat lalu mengirimnya ke dunia bawah. Ribuan Ker berterbangan di atas area pertempuran, dan jika ada manusia yang mati, maka para Ker akan saling berebut seperti burung pemakan bangkai. Para Ker sebenarnya tidak berkuasa atas hidup dan mati manusia namun sifat haus darah mereka menjadikan para Ker berusaha membuat orang-orang mati. Zeus dan dewa-dewa lainnya bisa menghentikan atau mempercepat para Ker. Para dewa Olimpus sering berdiri di dekat pasukan yang mereka dukung untuk mencegah datangnya para Ker pada pasukan mereka. Para Ker juga menghantui daerah yang terkena wabah untuk mencari orang yang mati lalu mengambil jiwanya.


7. Moros

Moros adalah dewa ajal dan malapetaka dalam mitologi Yunani. Dia adalah dewa yang membawa manusia menuju ajalnya. Dia adalah putra dari Erebus dan Niks, dan saudara dari Moirai, para pelayannya. Saudara kembar Moros, Thanatos dan Ker mewakili aspek fisik dari kematian. Ker adalah pembawa kematian yang menyakitkan, sementara Thanatos mewakili kematian yang damai.



9. Ankou (Breton)
Dalam cerita rakyat Celtic Brittany, Ankou adalah pertanda kematian yang mengumpulkan jiwa-jiwa orang mati. Ankou atau Raja Mati, adalah orang terakhir yang mati di sebuah paroki selama setahun. Untuk tahun berikutnya ia menganggap tugas memanggil orang mati. Ankou digambarkan sebagai sosok tinggi, kurus kering dengan rambut putih panjang, atau sebuah kerangka dengan kepala bergulir mampu melihat segalanya di mana-mana. Ini mengendarai kereta spektral didampingi oleh dua tokoh hantu berjalan kaki dan berhenti di rumah orang yang akan mati. Ia mengetuk pintu-membuat suara yang kadang-kadang didengar oleh hidup-atau memberikan sebuah raungan sedih seperti irlandia Banshee. Kadang-kadang terlihat sebagai sebuah penampakan memasuki rumah. Ia mengambil arwah orang yang sudah mati yang kemudian ditempatkan dalam kereta dengan bantuan dua hantu pendamping. Ankou adalah sosok yang kuat yang mendominasi cerita rakyat Breton


10. Hel (Nordik)
Dalam mitologi Nordik, Hel adalah makhluk yang memimpin sebuah dunia dengan nama yang sama, di mana ia menerima sebagian dari antara orang mati. Hel dibuktikan dalam Poetic Edda, disusun dalam abad ke-13 dari sumber-sumber tradisional sebelumnya, dan Prosa Edda, yang ditulis pada abad ke-13 oleh Snorri Sturluson.
Dalam Poetic Edda, Prosa Edda, dan Heimskringla, Hel disebut sebagai putri Loki, dan untuk "go to Hel" adalah mati. Dalam Gylfaginning buku Prosa Edda, Hel digambarkan  telah ditunjuk oleh Odin dewa sebagai penguasa sebuah dunia dengan nama yang sama, yang terletak di Niflheim. Dalam sumber yang sama, penampilannya digambarkan sebagai setengah hitam dan setengah daging berwarna dan sebagai lebih memiliki, suram turun-cast penampilan. Para Prosa Edda rincian yang Hel berkuasa atas rumah-rumah yang luas, pelayannya di dunia bawah tanah, dan sebagai memainkan peran kunci dalam kebangkitan usaha memasuki Baldr dewa.

11. Izanami (Shinto)

Izanagi dan Izanami turun di Ashihara no Nakatsu Kuni, menikah, dan berturut-turut melahirkan pulau-pulau yang membentuk kepulauan Jepang yang disebut Yashima. Setelah melahirkan berbagai kami, Izanami tewas akibat luka bakar saat melahirkan Kagutsuchi (dewa api). Setelah membunuh Kagutsuchi, Izanagi pergi ke negeri Yomi untuk mencari dan menyelamatkan Izanami. Setelah berada di negeri Yomi, wujud Izanami berubah menjadi menakutkan. Izanagi yang melihat sosok Izanami menjadi lari ketakutan.
Izanagi menjalani misogi (mandi) karena tidak suka dengan kekotoran (kegare) yang terbawa dari Yomi. Ketika melakukan misogi, Izanagi melahirkan pula sejumlah kami, saat mencuci mata kiri terlahir Amaterasu (dewa matahari, penguasa Takamanohara), saat mencuci mata kanan terlahir Tsukuyomi (dewa bulan, penguasa malam), dan saat mencuci hidung lahir Susanoo (penguasa samudra). Ketiga kami ini disebut Mihashira no Uzu no Miko, dan menerima perintah dari Izanagi untuk menguasai dunia.


12. La Muerte (Mexiko)

Santa Muerte adalah tokoh suci yang dihormati terutama di Meksiko dan Amerika Serikat, mungkin sinkretisme antara Mesoamerika dan keyakinan Katolik. Nama harfiahnya diterjemahkan menjadi "Kematian Kudus" atau  budaya Meksiko sejak era pra-Columbus telah memiliki penghormatan tertentu terhadap kematian "Death Saint.",  yang dapat dilihat luas dalam perayaan Meksiko dari sinkretis Hari  orang Mati. Katolik elemen dari perayaan itu. termasuk penggunaan kerangka untuk mengingatkan orang dari kematian mereka


13. Mictlantecuhtli (Aztec

Mictlantecuhtli ( Nahuatl: [miktɬaːn'tekʷtɬi] miktlahnTEKtlee yang berarti tuan Mictlan) dalam mitologi Aztek, adalah seorang dewa yang mati dan raja Mictlan (Chicunauhmictlan), yang terendah dan bagian utara dari neraka. Dia adalah salah satu dewa utama suku Aztec dan yang paling menonjol dari beberapa dewa dan dewi kematian dan dunia bawah. Mictlantecuhtli penyembahan kadang-kadang terlibat ritual kanibalisme, dengan daging manusia yang dikonsumsi di dalam dan di sekitar candi. Dia digambarkan sebagai kerangka yang terpercik darah atau orang yang mengenakan tengkorak. Walaupun kepalanya hanya tengkorak, kepala dihiasi dengan bulu burung hantu dan kertas spanduk,dan ia mengenakan kalung bola mata manusia, sementara anting antingnya terbuat dari tulang manusia. Ia bukan satu-satunya dewa Aztec akan digambarkan dengan cara ini, banyak dewa-dewa lain mengenakan pakaian atau dekorasi yang menggabungkan tulang dan tengkorak. Di Aztec, kerangka adalah simbol kesuburan, kesehatan dan kelimpahan, mengacu ke hubungan yang erat antara kematian dan kehidupan. Dia sering digambarkan memakai sandal sebagai lambang pangkat tinggi sebagai Tuhan Mictlan. Lengannya sering digambarkan dalam gerakan yang agresif, menunjukkan bahwa ia siap untuk memecah-belah orang mati ketika mereka masuk ke tempatnya. Dalam codex Aztek Mictlantecuhtli sering digambarkan dengan tulang rahang terbuka untuk menerima bintang-bintang yang turun ke dia pada siang hari.

14. The Morrigan (Irlandia)

Dewi Morrigan Celtic Celtic Dewi Dewi Celtic Morrigan Morrigan
Kisah Morrigan, dewi perang tertinggi adalah salah satu yang sangat menarik. Dia adalah Ratu hantu dan setan, bentuk-shifter. Dia sering mengambil bentuk burung gagak gagak atau bangkai. Dia adalah seorang dewi triple di Irlandia, yang terdiri dari Babd, aspek ibu, terkait dengan kuali, gagak dan gagak dan kehidupan, kebijaksanaan, inspirasi dan pencerahan. Aspek kedua adalah Macha, para pembela wanita dalam perang seperti dalam damai, dewi perang dan kematian. Licik, kekuatan fisik semata, seksualitas, fertilitas, dominasi atas laki-laki. Dan aspek ketiga, Nemain-Celtic Dewi panik dan perang.

15. Mors (Romawi)

Dalam mitologi Romawi kuno dan sastra, Mors (juga dikenal sebagai Letus )Adalah dewa kematian yang setara dengan Thanatos di Yunani. Kata lainnya bahasa Latin untuk "Death" mors adalah mortis genitive yang artinya gender feminin, tapi seni Romawi kuno tidak dikenal untuk gambaran kematian sebagai seorang wanita . Penyair Latin , namun terikat oleh gender gramatikal dari kata itu. Horace menulis tentang Mors pallida, "Kematian pucat, perjalanan ke dalam gubuk-gubuk orang miskin dan menara-menara raja bersama  Seneca, untuk siapa Mors juga pucat, menggambarkan "semangat gigi." Tibullus digambar sebagai Mors yang hitam atau gelap.


16. Shinigami (Jepang)

Shinigami (死神) berasal dari kata dalam bahasa Jepang yang berarti 'Dewa Kematian'. Arti kata shinigami juga dapat merujuk kepada dewa-dewa yang berkaitan dengan kematian. Kini, shinigami sering muncul dalam cerita Jepang. Dalam serial karton jepang Shinigami berperan sebagai dewa pencabut nyawa


17. Yanluo (China)

Dalam mitologi Cina, Yan Wang (cina sederhana: 阎王; cina tradisional: 阎王; Pinyin: Yan Wang), juga disebut Yanluo (cina sederhana: 阎罗; cina tradisional: 阎罗; Pinyin: Yánluó; Wade-Giles: Yen-lo), adalah dewa kematian dan penguasa Di Yu (地狱 Jp. Jigoku, ko. 지옥 Jiok, "neraka" atau dunia bawah tanah). Nama singkat Yanluo adalah transliterasi Cina dari istilah Sanskerta यम राज Yama Raja (阎 魔 罗 社) "Raja Yama". Di Korea, karakter yang sama yang diucapkan Yomra dan dewa biasanya disebut sebagai Raja Besar Yomra atau 염라대왕 (阎罗 大王). Di Jepang Yanluo disebut sebagai Emma (tua Yemma) Enma (阎 魔?), Atau Emma-ō (阎 魔 大王 Enma Dai-o, "Bagus Raja Yama"). Dalam kedua kuno dan modern, Yanluo digambarkan sebagai seorang pria besar dengan wajah merah cemberut, mata melotot dan jenggot panjang. Dia memakai jubah tradisional dan sebuah mahkota di kepalanya yang biasanya menanggung 王 kanji, yang berarti "raja."
8. Mot (Dewa Semit)
 
Dalam bahasa Ugarit Mot 'Kematian' (dieja mt) adalah personifikasi dan dewa kematian. Kata ini bersanak dengan bentuk lainnya yang bermakna 'kematian' dalam berbagai bahasa Semit dan bahasa Afrika-Asia: dengan bahasa Arab موت mawt; dengan bahasa Ibrani מות (mot atau mavet; Ibrani kuno moth atau maweth); dengan bahasa Malta mewt; dengan bahasa Suryani mautā; dengan bahasa Ge'ez mot; dengan bahasa Kanaan, bahasa Aram Mesir, bahasa Nabath, dan bahasa Palmyra מות (mwt); dengan bahasa Aram Yahudi, bahasa Aram Palestina Kristen, dan bahasa Samaria מותא (mwt’); dengan bahasa Mandean muta; dengan bahasa Akkadia mūtu; dengan bahasa Hausa mutuwa; dan dengan bahasa Angas mut. 'El, berdasarkan instruksi yang diberikan oleh dewa Hadad (Ba‘al) kepada pembawa pesannya, tinggal di kota bernama hmry ('Mirey'), satu lubang adalah tahtanya, dan Kekotoran adalah warisannya.
Mot 'Kematian', putra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar