Selasa, 08 Mei 2012

Keith Haring, Seniman “Pop Art” di Logo Google


Keith Haring adalah seorang seniman sekaligus aktivis sosial yang menginspirasi budaya jalanan kota New York era tahun 1980 an. Logo Google hari ini memperingati 54 tahun kelahiran Keith Haring.
Lahir di Pennsylvania, Amerika, pada 4 Mei 1958. Keith Haring dibesarkan oleh ibunya, Joan Haring, dan sang ayah Allen Haring, yang berprofesi sebagai kartunis.


Dia juga memiliki tiga adik perempuan, Kay, Karen dan Kristen. Orang tua Keith Haring ingin menamai semua anak mereka dengan awalan huruf “K”. Keith Haring telah tertarik pada dunia seni sejak usia dini.
Dari tahun 1976 sampai 1978 ia belajar “seni komersial” di sekolah Seni Profesional, sebuah sekolah seni di Pittsburgh. Sebelum akhirnya berpindah ke studi “Fine arts” atau Seni Rupa.
Pada usia 19 tahun (tahun 1978) Haring pindah ke kota New York, dimana ia terinspirasi oleh seni grafiti, lalu melanjutkan studinya di Sekolah Seni Visual.

Haring mulai mencuri perhatian publik dengan karya “lukisan kapur” di kereta bawah tanah New York. Seni pop art yang menjadi ciri khasnya adalah “The Radiant Baby”. Dengan garis tebal, warna cerah yang berani, dan objek yang membawa pesan tentang hidup dan persaudaraan.
Di tahun 1980, ia mengadakan sebuah pameran di Club 57. Dia berpartisipasi dalam Pameran Times Square dan menggambar hewan dan wajah manusia untuk pertama kalinya. Pada tahun 1981 ia membuat sketsa lukisan kapur pertamanya di atas kertas hitam, plastik, logam dan barang bekas lainnya.
Keith Haring meninggal di usia yang masih sangat muda, 32 tahun, pada tanggal 16 Februari 1990 karena komplikasi AIDS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar