Selasa, 10 Oktober 2017

Ulang Tahun ke-156 Fridtjof Nansen di Logo Google

https://www.google.co.id/logos/doodles/2017/fridtjof-nansens-156th-birthday-5694774550986752-law.gif

Jika Anda hari ini membuka kolom pencarian Google pasti Anda akan melihat sebuah animasi Fridtjof Nansen yang ada pada Google Doodle, di atas kolom pencarian. Anda mungkin bertanya, siapa dia? Dan apa itu Passport Nansen yang ada pada gambar?

Hari ini tanggal 10 Oktober 2017 Google merayakan ulang tahun ke 156 Fridtjof Nansen, dia adalah seorang penjelajah di akhir abad ke-19 yang lahir pada 10 Oktober 1861 di Norwergia. Prestasinya berkaitan dengan kegiatan ekspedisinya yakni di tahun 1893 dia menjadi orang pertama yang berhasil mencapai Kutub Utara hanya dengan berski. 

Jika Anda mengklik gambar Google Doodle tersebut maka animasi karakter berski di tengah akan bergerak. Itu adalah gambaran dia di tahun tersebut melakukan ekspedisi di belahan bumi yang selalu tertutup salju.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/9/9b/Fridtjof_Nansen_LOC_03377u-3.jpg
(sumber gambar : wikipedia)
Nansen sendiri tercatat pernah melakukan ski menyeberangi beberapa negara atau cross-country hingga sejauh 50 mil atau setara 80km hanya dengan perbekalan minim dan ditemani seekor anjing peliharaannya.

Dengan keahliannya bermain ski, dia menjadi gemar melakukan ekspedisi ke wilayah Kutub Utara. Namun, lambat laun ekspedisinya tidak hanya mengeksplorasi tempat baru. Dia juga mulai memiliki ketertarikan mempelajari habitat makhluk hidup yang ada di wilayah tersebut. Dia menjadi salah satu ahli di program studi zoologi pada The Royal Frederick University Oslo.

Nansen tercatat memiliki jasa besar terhadap bidang kemanusiaan ketika Perang Dunia 1 pecah di tahun 1914. Eropa saat itu menjadi medan perang terparah pertama, dan mau tak mau Nansen harus menghentikan ekspedisinya.

Nansen justru iba melihat nasib para pengungsi perang yang kehilangan kewarganegaraannya karena harus pergi menyelamatkan diri dari rumah dan negaranya masing-masing. Konferensi internasional Jenewa, Nansen memutuskan untuk membuatkan sebuah dokumen bernama Nansen Passport bagi para pengungsi yang diterima oleh 52 negara.

Nansen Passport yang digambarkan pada animasi Google Doodle di pojok kanan atas, memberikan kesempatan bagi para ratusan ribu pengungsi untuk bisa melakukan perjalanan ke 52 negara dan memilih untuk menetap sebagai warga negara baru. Meskipun dokumen perjalanan tersebut pada akhirnya sudah tidak diperkenankan oleh PBB, tetapi usaha Nansen diganjar dengan hadiah Nobel Perdamaian di tahun 1922.


Sumber : http://teknologi.metrotvnews.com

6 komentar:

  1. mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq.club...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.
    WwW-AJoQQ.club| bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    BalasHapus
  2. Minimal deposit 50rb
    Bonus member baru 30%
    Bonus harian 5%
    Aman & Terpercaya
    hanya di bit.do/bolay0

    Whatsapp kami
    bit.do/WA_BOLAYO

    +6282321807397

    BalasHapus
  3. I precisely wished to appreciate you again. I’m not certain what I would’ve created in the absence of these thoughts shared by you over my situation. It was before a very hard scenario in my opinion, nevertheless coming across your professional manner you treated it forced me to cry with joy. I’m just happy for this advice as well as sincerely hope you comprehend what an amazing job you’re putting in educating many others by way of a site. More than likely you haven’t met all of us.
    고스톱

    BalasHapus
  4. I tell everyone how amazing you are. You have the best laugh.
    Wonderful article! That is the kind of info that are supposed to be shared around the internet.
    I used to be able to find good info from your
    blog posts.
    스포츠토토

    BalasHapus