Google+ Followers

Sabtu, 12 November 2016

Hari Ayah Nasional Dirayakan Logo Google

https://www.google.co.id/logos/doodles/2016/fathers-day-2016-indonesia-5704444474818560-hp.jpg

Hari Ayah Nasional dirayakan oleh Google Doodle hari ini Sabtu, 12 November 2016. Berbeda dengan negara-negara lain di berbagai belahan dunia yang kebanyakan merayakan Hari Ayah pada bulan Juni setiap tahunnya, peringatan Hari Ayah Indonesia dilakukan setiap tanggal 12 November, sejak era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Apa yang menarik dari google hari ini terkait peringatan hari ayah ini?

Tidak ada penetapan kapan Hari Ayah diperingati secara khusus di seluruh dunia. Masing-masing negara memiliki tanggal tersendiri yang dijadikan patokan. Namun ada dua tanggal yang umumnya digunakan untuk perayaan Hari Ayah. Di negara-negara yang unsur katoliknya sangat kuat, Hari Ayah dirayakan pada 19 Maret yang bertepatan dengan Hari Santo Yosep. Negara yang merayakan Hari Ayah pada tanggal tersebut di antaranya Italia, Spanyol, Swiss, dan Portugal.

Perayaan Hari Ayah itu sudah diperkenalkan sejak Abad Pertengahan. Seiring dengan penjelajahan Spanyol dan Portugal ke Amerika Latin, perayaan itu juga ditularkan. Uniknya, Amerika Serikat punya tanggal berbeda untuk Hari Ayah, yaitu Minggu Ketiga di bulan Juni. Dan, perayaan pada tanggal tersebut juga ditiru oleh sebagian besar negara di dunia. Arab Saudi, Afghanistan, Kamboja, hingga Hongkong juga merayakan Hari Ayah pada Minggu ketiga bulan Juli, yang berarti bisa saja tanggal 17, 18, 19, atau 21 Juni.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Hari Ayah Nasional dirayakan pada setiap 12 November. Deklarasi Hari Ayah pertama kali dilakukan oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) pada 2006. Deklarasi Hari Ayah ini penting karena ayah sebagai bagian keluarga, punya peranan yang tidak kalah penting dibandingkan dengan ibu dalam membentuk karakter keluarga.

Karena Hari Ibu sudah ditetapkan, maka PPIP menilai Hari Ayah juga layak dirayakan. Dengan adanya Hari Ayah dan Hari Ibu, maka ini menandakan bahwa orang tua adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Nah, dalam Google doodle hari ini, tampilan doodle mesin pencari raksasa itu sangat unik. Ada animasi sederhana yang penuh makna, keset rumah yang di atasnya terletak sepatu anak-anak warna merah dan sepatu pantovel sang ayah. Animasi yang menggambarkan betapa indahnya hubungan ayah dan anak dalam keluarga.


Sumber : Sidomi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar