Google+ Followers

Jumat, 28 Oktober 2016

Hari Sumpah Pemuda Dirayakan di Logo Google

https://www.google.co.id/logos/doodles/2016/sumpah-pemuda-2016-5631729839636480-hp.gif

Hari Sumpah Pemuda dirayakan di Google doodle hari ini Jumat, 28 Oktober 2016. Peringatan 88 tahun dicetuskannya Sumpah Pemuda dilakukan Google dengan menampilkan animasi unik pemuda dan pemudi Indonesia mengenakan pakaian adat suku masing-masing, dengan semboyan ‘Satu tanah air, Satu Bangsa, Satu Bahasa’.

Sumpah Pemuda, yang menjadi salah satu titik terpenting dalam sejarah pergerakan menuju kemerdekaan Indonesia, menjadi ikrar keputusan Kongres Pemuda Kedua yang digelar pada 27 dan 28 oktober 1928.

Kala itu berbagai organisasi pemuda pergerakan sudah tumbuh subur di tanah air. Mereka menggelar Kongres Pemuda Pertama pada 1926, yang disusul dengan agenda kongres berikutnya dua tahun kemudian.

Kongres Pemuda Kedua yang diketuai oleh Sugondo Djojopuspito (PPPI) ini diikuti sekian organisasi.

Kepanitiaannya sendiri diisi oleh perwakilan PPPI sebagai penggagas kongres, juga Jong Java, Jong Soematranen Bond, Jong Bataks Bond, Jong Islamieten Bond, hingga Pemoeda Kaoem Betawi.

Di hari kedua kongres inilah tercetus tiga keputusan yang kemudian dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Tiga keputusan itu, adalah perwujudan bersatunya semua elemen pemuda Indonesia yang bertumpah darah satu tanah Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan memiliki bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Kini di perayaan Sumpah Pemuda yang ke-88, halaman utama Google hari ini menampilkan enam pemuda-pemudi, dengan ciri khas daerah masing-masing yang berada di hamparan tanah luas. Sebagai latar, di bagian langit, tampak tulisan ‘Google’ membayang.

Pemuda-pemudi ini menampilkan ekspresi unik. Seorang pemudi yang duduk dengan buku di pangkuan, mengangkat tangannya dengan bendera Indonesia. Sementara pemudi lain menenteng radio, yang menjadi alat penting dalam pergerakan menuju kemerdekaan Indonesia. Pemuda yang berkostum tradisonal Bali, mengangkat kedua tangan penuh semangat, memimpin yel-yel, mengucapkan yel-yel ‘Satu tanah air, satu bangsa, satu bahasa’.

Nah, jika Google merayakan Sumpah Pemuda dengan animasi unik ini, bagaimana Anda merayakan hari bersejarah ini?


Sumber : Sidomi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar