Google+ Followers

Senin, 04 Juli 2016

Juno Probe, Misi Baru NASA Jelajahi Planet Jupiter di Logo Google

https://www.google.co.id/logos/doodles/2016/juno-reaches-jupiter-5164229872058368-hp.gif

Ada yang menarik jika Anda mengunjungi laman Google Doodle hari ini tanggal 5 Juli 2016. Sebuah animasi bertema luar angkasa menampilkan gambar animasi retro yang cukup menarik. Animasi ini mengusung tema Juno Probe, yakni misi terbaru NASA yang bertujuan untuk mempelajari komposisi planet Jupiter, dan hal lain mengenai planet raksasa tersebut.

Pada Doodle hari ini kita akan bisa melihat 6 karakter yang tampaknya adalah karyawan dan ilmuan NASA yangs edang bersorak sorau. Dan di bagian atas mereka tampak sebuah layar besar dan sisitem pengendalian satelit atau semacamnya. Dan di layar tersebut secara bertahap ditampilkan gambar tepuk tangan, perayaan, dan sebuah kamera yang sedang menjepret gambar.

http://www.newsx.com/sites/default/files/styles/home_image/public/field/image/nasa%20Juno%20probe.jpg?itok=CqKhY1o5
Doodle ini juga dibagi dua sisi, dan yang tadi dijelaskan adalah sisi kiri gambar. Sementara sisi kanan menampilkan sebuah animasi yang tampak seperti satelit atau pesawat ruang angkasa, yang juga menampilkan tiga gambar yang sama dalam balon teks. Satelit atau pesawat ruang angkasa ini sendiri ditempatkan di bagian atas gambar dengan posisi menggantikan huruf O kedua pada kata GOOGLE. Dan G-O-G-L dan E ditulis dalam bentuk teks yang dibuat samar. Dan di bagian bawah tampak sebuah gambar berwarna abu yang sepertinya adalah sebuah planet, lebih tepatnya planet Jupiter itu sendiri.

Ketika Google doodle tersebut kita klik, kita akan dialihkan ke laman hasil pencarian Google Doodle dengan keyword Juno Probe. Dan kita akan menemukan banyak hasil pencarian yang menjelaskan mengenai riset Juno tersebut.

Sebagaimana dilansir laman Wikipedia (05/07/2016), Project Juno ini adalah misi baru NASA New Frontiers ke planet Jupiter. Misi ini bertujuan untuk mempelajari komposisi planet Jupiter, mulai dari medan gravitasi, medan magnet dan magnetosfer polar. Misi Juno ini juga akan digunakan untuk mencari petunjuk tentang bagaimana terbentuknya planet raksasa ini, serta mencari tahu apakah Jupiter memiliki inti berbatu, menyelidiki jumlah air yang mendalam, dan bagaimana massanya didistribusikan.

Misi Juno ini diluncurkan dari Cape Canaveral Air Force Station pada tanggal 5 Agustus 2011, dan direncanakan untuk sampai di sana pada bulan Juli 2016. Dan setelah sampai nanti, pesawat ruang angkasa ini akan ditempatkan di orbit polar Jupiter.

Misi Juno Probe ini sendiri cukup banyak menarik perhatian masayarakat, terutama pengamat dan peminat angkasa luar. Jadi tidak heran jika Google Doodle hari ini mengangkat tema Juno Probe mengingat pesawat ruang angkasa ini akan sampai di Jupiter bulan ini.


Sumber : rancahpost

1 komentar: