Google+ Followers

Minggu, 27 Maret 2016

Yayasan Bolshoi Theater di Logo Google

https://www.google.co.id/logos/doodles/2016/240th-anniversary-of-the-bolshoi-theaters-foundation-5201379213705216.2-hp.jpg

Hari ulang tahun pendirian Yayasan Bolshoi Theater ke-240 dirayakan di google doodle hari ini Senin, 28 Maret 2016. Dalam rentang waktu lebih dari dua abad, yayasan tersebut telah mengalami banyak perubahan besar yang tercatat dalam sejarah. Lalu apa saja fakta unik dari yayasan yang pertunjukannya bisa dinikmati di Distrik Tverskoy, Moskow, Rusia ini?

Yayasan Bolshoi Theatre dan dan gedung Teater Bolshoi adalah dua hal berbeda. Gedung teaternya baru dibuka untuk umum pada 18 Januari 1825, setelah memakan waktu pengerjaan sejak 1821. Lalu mengapa Google tidak mencantumkan doodle Bolshoi Theatre pada tanggal tersebut tahun ini, tetapi pada 28 Maret?

Jawaban itu menjadi fakta unik pertama tentang Yayasan Bolshoi Theater. Yayasan ini dibentuk oleh Pangeran Pyotr Vasilyevich Urusov dan Michael Maddox, pada 28 Maret 1776. Pembentukan inilah yang dikenang oleh Google, bukan sekadar bangunanya. Pasalnya, sebelum gedung baru dibuka, yayasan ini awalnnya ditampilkan dalam rumah privat, lalu di Teater Petrovka mulai 1780 –empat tahun setelah yayasan didirikan, dan 45 tahun sebelum gedung Teater Bolshoi terwujud.
 
Namun sejarah getir yang tercipta kemudian, menjadi fakta unik lain dari Teater Bolshoi. Setelah semakin sering menampilkan drama dan opera, terjadi kebakaran yang menimpa gedung Teater Petrovka pada 8 Oktober 1805. Gedung tersebut sempat diganti dengan New Arbat Imperial Theathre, tetapi lagi-lagi gedung baru terbakar akibat invasi Prancis pada 1812.

http://kabardunia.com/wp-content/uploads/2016/03/bolshoi-theater-yang-berada-di-Rusia-584x300.jpg
Gedung Teater Bolshoi seperti yang ada dalam doodle Google hari ini, baru dibuka pada 18 Januari 1825 dengan nama Bolshoi Petrovsky Theathre. Dalam pembukaan tersebut ditampilkan balet karya Fernando Sor, Cendrillon. Tapi perubahan terus saja dilakukan.

Pada 2005, pemerintah Rusia mulai melakukan pembangunan ulang dan renovasi menyeluruh gedung ini, selama enam tahun. Dan, pada 28 Oktober 2011, gedung Bolshoi Teater kembali dibuka untuk umum. Konon untuk mempercantik bangunan gedung bersejarah ini, butuh dana sebsar 688 juta dolar atau setara dengan 21 miliar rubel.

Seiring dengan sejarah, yasasan Teater Bolshoi telah melahirkan berbagai karya dan pementasan fantastik yang dikenal di seluruh dunia.  Berbagai pentas yang beruntung ditampilkan di teater tersebut di antaranya opera The Voyevoda dan  Mazeppa karya Pyotr Tchaikovsky. Juga, Lady Macbeth of the Mtsensk District  karya  Dmitri Shostakovich.


Sumber : Sidomi

1 komentar: