Google+ Followers

Sabtu, 28 Januari 2017

Ensiklopedia Tahun Baru Imlek 2017 di Logo Google


https://www.google.co.id/logos/doodles/2017/lunar-new-year-2017-5686481707335680.2-hp.jpg


Tahun Baru Imlek 2017 yang jatuh pada hari ini Sabtu, 28 Januari dirayakan pula di Google doodle hari ini. Jika kita mengunjungi laman utama Google, akan tampak Ayam Api yang membara, dikelilingi lampion demi lampion yang menyusun kata GOOGLE. Lalu seistimewa apakah tahun Ayam Api ini yang bakal bergulir hingga 15 Februari 2018 mendatang?

‘Selamat Tahun Baru Imlek’ adalah kata yang paling sering kita dengar hari-hari ini. Tahun baru Imlek ini adalah perayaan paling penting bagi orang Tionghoa, dan perayaannya dimulai sejak hari pertama bulan pertama tahun baru kalender Tionghoa, dan puncaknya adalah Cap Go Meh pada tanggal 15, atau bertepatan dengan bulan purnama. Lalu, darimana muncul istilah ‘Monyet Api’ untuk sepanjang tahun lalu, dan ‘Ayam Api‘ untuk tahun ini?

Jawabannya terletak pada daur 12 tahun shio hewan yang dipadukan dengan daur 10 tahun batang surgawi. Seperti yang jamak diketahui, shio China terdiri dari 12 hewan yang dimulai dari tikus, sapi, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan terakhir babi. Setiap tahun berganti, berganti pula shio ‘yang menguasai’. Misalnya tahun lalu monyet, tahun ini ayam, dan tahun depan anjing.

Selanjutnya, daur ini dipadukan dengan daur 10 tahun batang surgawi, yang dikaitkan dengan lima elemen perbintangan, yaitu kayu, api, bumi, logam, dan air. Sebagai catatan, masing-masing elemen diulang dua tahun berurutan, sesuai konsep yin dan yang, baru kemudian dilanjutkan dengan elemen berikutnya.
Jadi, akan muncul, sebagai contoh, tahun kayu yang, kayu yin, api yang, api yin, dan seterusnya. Hal inilah yang menjadi alasan, tahun 2016 lalu adalah tahun Monyet Api, dan tahun ini Ayam Api. Meskipun shionya berbeda, unsur elemen perbintangannya sama-sama api, karena diulang dua kali.

http://www.liburnasional.com/img/imlek_ayam.png
Di berbagai belahan dunia, ada begitu banyak ramalan keberuntungan yang didasarkan pada zodiak. Begitu pula di perputaran tahun Tionghoa. Tahun Ayam Api, disebut-sebut akan memadukan unsur karakteristik ayam sekaligus api. Dikutip dari astroshiopedia.-blogspot.co.id, “Ayam Jantan suka sekali memamerkan kekuasaan sehingga banyak masalah muncul dari sikapnya yang ingin dominan. Tetapi, ayam juga melambangkan sosok administrator yang baik dan pengawas yang teliti, maka gejolak yang ada masih dapat teratasi.”

Nah, apakah Anda percaya ramalan singkat itu? Atau percaya bahwa usaha keras akan mementahkan semua ramalan? Usaha keras, juga menjadi ciri khas ayam.


Sumber : Sidomi

2 komentar: