Google+ Followers

Jumat, 09 Oktober 2015

Jam Astronomi Praha di Logo Google

https://www.google.co.id/logos/doodles/2015/605th-anniversary-of-prague-astronomical-clock-4922756059627520-hp.jpg

Di logo Google hari ini tanggal 9 Oktober 2015 tampak sebuah animasi yang menggambarkan sebuah jam berbentuk unik. Ternyata jam itu memang bukan jam biasa, melainkan ‘Jam Astronomi Praha’ yang tepat hari Jumat (9/10) ini berulang tahun ke-605.

Jam astronomi Praha terdapat di Ceko, dan dibuat pertama kali pada abad pertengahan. Ia dipasang tahun 1410 dan termasuk salah satu dari 3 buah jam astronomi tertua di dunia yang masih bekerja.

Di negaranya, jam berukuran besar itu disebut juga Prazsky Orloj. Ia terpasang sekian lama di dinding bagian selatan Old Town Hall di Old Town Square, Ceko.

http://www.travistours.com/images/news/resize_54598astronomiclockpraha.jpg
Sebagai jam astronomi, tentu saja yang ditunjukkan adalah perhitungan astronomi tentang posisi Matahari dan Bulan di langit. Tak hanya itu, ternyata ada juga simbol dari ‘Perjalanan Para Rasul’ yang menunjukkan karakter para Rasul di agama nasrani di tiap jamnya. Karakter tersebut berbentuk patung kecil yang akan bergerak saat jam berganti.

Riwayat sejarah tentang siapa yang membuat jam astronomi Praha itu pertama kali juga simpang siur. Ada yang berkata bahwa seorang bernama Hanus, ahli jam yang hidup di abad ke-15 lah yang membuatnya.

Versi lain ada yang percaya berdasarkan sebuah dokumen tua, bahwa Mikulas of Kadan pembuat jam tersebut pada tahun 1410. Dokumen tersebut sekaligus memperlihatkan rancangan dan perhitungan astronominya. Ia tak bekerja sendiri, melainkan dengan seorang profesor Universitas Charles, bernama Jan Sindel.

Tak heran dengan usia tua dan kerumitan jam astronomi Praha hingga logo Google hari ini memperingati ulang tahunnya dengan memajang simbol berupa animasi.


Sumber : Sidomi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar