Sabtu, 31 Maret 2012

10 Tokoh Pengganti Superhero

10.Spiderman: Miles Morales

Peter Parker bukan lagi pria dibalik kostum Spider-Man (di Ultimate Universe). Setelah pertarungan terakhir melawan Green Goblin, kostum (dan tanggung jawab) Spider-Man diteruskan kepada Miles Morales
Miles bukanlah penerus yang pertama. Berikut adalah sembilan pengganti superhero - yang meneruskan kostum dari pengguna sebelumnya - dan bagaimana sepak terjang mereka melanjutkan peran para pendahulunya.


9. Green Lantern: Guy Gardner
\
Meski sejarah Green Lantern sedikit membingungkan, salah satunya adalah penggantian Alan Scott dengan Hal Jordan. Jordan akhirnya ditetapkan menjadi Green Lantern yang utama, namun ia bukan satu-satunya pelindung bumi. Di Green Lantern #59, ia tidak dapat melanjutkan tugasnya, sehingga Guy Gardner harus mengemban tanggung jawab sebagai penggantinya untuk melindungi bumi. Gardner bukan satu-satunya pengganti Jordan, John Stewart dan Kyle Rayner juga pernah menjadi Green Lantern. Ketiga Green Lantern pengganti tersebut tetap populer meskipun Hal Jordan melanjutkan perannya sebagai Green Lantern.



8. The Flash: Wally West
\
Seperti Green Lantern, The Flash juga mengalami perubahan identitas pria di balik kostum. Barry Allen adalah The Flash untuk waktu yang cukup lama hingga ia terbunuh saat Crisin on Infinite Earths. Wally West, keponakannya yang juga merupakan Kid Flash, mengambil alih kostum The Flash di Crisis on Infinite Earths #12. Ia telah membuktikan diri sebagai anggota DC yang kuat dan populer di kalangan penggemar.


7. Iron Man: Jim Rhodes
\
Tony Stark memiliki hobi buruk yang tersimpan dalam botol minuman. Ketika ia tidak sanggup mengatasinya, Jim Rhodes mengambil alih kostum Iron Man di Iron Man #170. Jim mengambil peran Iron Man selama satu dekade, turut berperang di Secret Wars, dan kisah besar lainnya sebelum mengembalikan kostum itu ke Stark. Rhodes melanjutkan petualangannya sebagai War Machine dan menjadi Stark dalam versi yang lebih stabil.


6. Wonder Woman: Artemis
\
Artemis Bana-Mighdall menggunakan seragam merah biru Wonder Woman di pertengahan tahun 1990 atas perintah Ratu Hippolyta, yang meramalkan kematian sang wanita super dan tidak ingin putrinya yang menerima takdir buruk tersebut.  Artemis berjuang menyelesaikan tugasnya namun tidak diterima oleh para sekutu Diana, meskipun dalam alur kisah ini memberikan tambahan kekuatan bagi wanita Amazon yang menakjubkan tersebut. Ramalan Hippolyta terbuktu dan Artemis akhirnya tewas mengenakan kostum merah putih dan biru. Tentu saja kematiannya hanya bersifat sementara.


5. Captain America: Bucky Barnes
\

Captain America pertama kali kehilangan perisainya di tahun 70-an setelah mengundurkan diri saat munculnya Skandal Watergate. Beberapa orang mengambil alih peran ini sebelum Steve Rogers mengambilnya kembali. Namun hanya satu orang yang benar-benar pantas, yaitu mantan rekan Captain America yang bernama Bucky Barnes. Setelah Steve Rogers dikisahkan tewas di akhir cerita Civil War, Bucky mengenakan kostum sang patriot. Tentu saja, Steve Rogers melanjutkan perannya kembali sebagai Captain America.


4. Batman: Dick Grayson
\
Dick Grayson, Robin yang pertama, mengambil alih kostum Batman setelah cerita Knightfall. Sementara Bruce Wayne berjuang untuk pulih dari punggung yang patah. Grayson kemudian kembali mengenakan kostum Batman setelah kematian Bruce Wayne. Meskipun beberapa penggemar tidak keberatan dengan Batman yang bisa tersenyum, tampaknya Batman akan di-reboot dan mengembalikan peran Batman pada Wayne.


3. Thor: Beta Ray Bill
\

Sebagai seorang bangsa Korbinit berwajah kuda yang awalnya diduga sebagai penjahat, Beta Ray Bill termasuk jenis karakter unik yang membedakan penggemar komik sejati dengan pembaca biasa. Bill mengenakan jubah Thor setelah mengalahkannya di Skartheim. Beta Ray Bill menggunakan palu Mjolnir untuk mengalahkan iblis Surtur dan bergabung dengan Thor bahkan setelah Bill melepaskan jubahnya. Secara pribadi, ini adalah karakter favorit saya dan saya termasuk sebagian kecil dari mereka yang mengharapkan Beta Ray Bill tampil di sekuel film Thor versi layar lebar.


2. Superman: 4 Superman lainnya
\
Superman tewas. Meski akhirnya ia hidup kembali, ada empat orang yang mengaku sebagai penerus jubahnya. Meskipun secara teknis hanya tiga saja yang mengaku sebagai Superman; John Jenry Irons Steel berkata bahwa ia hanya mewakili roh dari Kal-El. Singkatnya, tidak satupun dari mereka adalah Superman: Cyborg Superman bahkan ternyata seorang penjahat dan Last Son kemudian tewas. Namun keempat karakter ini berada dalam satu alur cerita yang menarik dalam menghidupkan kembali Superman setelah kisah Kematian Superman yang sangat populer.


1. Batman: Jean-Paul Valley
\
Kabarnya alur cerita Knightfall adalah salah satu inspirasi Christopher Nolan saat membuat The Dark Knight Rises. Saat alur tersebut berakhir, punggung Bruce Wayne patah dan Jean-Paul Valley (dikenal sebagai Azrael) menggunakan kostum Batman. Akibatnya cukup mengejutkan: banyak orang tak bersalah tewas dan kostum cybernetic Batsuit yang tidak disukai para penggemar. Denny O-Neil dari DC menjelaskan bahwa mereka ingin menunjukkan mengapa Batman tidak membunuh dan mengapa penampilannya tidak banyak berubah. Pada akhirnya, kisah Knightfall ditutup dengan kesimpulan yang sangat memuaskan.

1 komentar: