Kamis, 15 Maret 2012

10 Karakter Super yang Terinspirasi dari Superman

Diciptakan tahun 1932 oleh Jerry Siegel dan Joe Shuster, Superman menjadi salah satu ikon budaya terbesar dalam sejarah Amerika. Ia bersumpah untuk melindungi bumi, tempat tinggal barunya, karena planet Krypton tempat asalnya musnah. Saat tumbuh dewasa ia mempunyai sejumlah kekuatan super, termasuk kecepatan, terbang, penglihatan panas, dan kebal.

Selama 80 tahun kemunculannya, Superman telah menginspirasi berbagai komik, film, pertunjukan TV, dan orang-orang untuk melakukan yang terbaik. Sebagai salah satu superhero pertama, ia menjadi template bagi banyak karakter lainnya yang diciptakan kemudian.

Berikut ini toptenz.net menampilkan 10 karakter yang terinspirasi dari Superman, urut sesuai kemunculan perdananya.

10. Ultraman.

Pemunculan perdana: Komik Justice League of America No. 29 (Agustus 1964).


Ada beberapa tokoh superhero yang bernama Ultraman dalam sejarah komik dunia, tapi yang dimaksud di sini adalah mitra jahat Superman dari Bumi-3, sebuah dunia paralel dari dunia DC di mana semua superhero adalah jahat dan sebaliknya.Ultraman yang asli adalah anggota Crime Syndicate, versi jahat dari Justice League. Tak seperti Superman, Ultraman jadi makin kuat karena terpapar Kryptonite. Ultraman asli ini tewas di cerita crossover DC berjudul Crisis on Infinite Earths terbitan tahun 1985. Dalam sejarah pascakrisis, Ultraman dan Crime Syndicate of America ditulis ulang menjadi mitra Justice League dari Antimatter Universe. Apapun asal usul dan penjelasannya, Ultraman tetap salah satu dari seteru paling digdaya dari Superman.

9. Hyperion (Earth-712).

Pemunculan perdana: Komik The Avengers No. 69 (Oktober 1969).


Mencoba mengurai sejarah Hyperion adalah tugas sulit yang bikin otak mati rasa, karena ada 5 versi yang sama sekali berbeda dari karakter Marvel ini. Biar nggak repot, dipilih salah satu dari versi yang ada tersebut: Hyperion dari Bumi-712. Hyperion ini adalah anggota dari Squadron Supreme, tim superhero kreasi Roy Thomas dan John Buscema yang pernah bergabung dengan saingan Marvel, yaitu DC Comics. Squadron Supreme diketahui pernah melintas di antara dunia-dunia Marvel, sesekali muncul untuk bertarung melawan Avengers dari induk dunia Marvel, Earth-616. Mereka paling dikenali dari 12 judul miniseri mereka sendiri yang ditulis oleh Mark Gruenwald. Di miniseri tersebut Squadron Supreme, dipimpin oleh Hyperion, berusaha membuat ulang dunia mereka menjadi utopia dengan kekuatan dan pengetahuan yang dimiliki. Tapi langkah itu justru membuat mereka menciptakan negara totaliter dengan menjadikan diri mereka sebagai diktator.

8. Supreme.

Pemunculan perdana: Komik Youngblood No. 3 (1992).


Diciptakan oleh Rob Liefeld sebagai bagian dari terbitan Image Comics, Supreme aslinya adalah versi bengis dari Superman. Idenya adalah bahwa Supreme bisa menjadi Superman jika ia tidak memiliki kode etiknya yang menakjubkan itu. Kemudian, Supreme dirombak oleh penulis komik legendaris Alan Moore ke dalam tribute untuk Superman di komik Silver Age. Dengan mempertimbangkan salah satu dari reboot di sejarah komik yang paling brilian, Moore mendasarkan alur cerita dan karakter lepas dari komik Superman klasik. Ia memperkenalkan karakter baru, seperti adik wanita Supreme, Suprema (sebagai penghormatan untuk Supergirl) dan Radar si anjing super (Krypto-nya Supreme). Dengan melakukan ini, Moore dapat menggunakan kisaran dunia modern pada cerita dan pola dasar komik klasik. Hasilnya, tahun 1997 ia memperoleh Eisner Award sebagai Penulis Terbaik dan dianggap sebagai masterpiece komik metafiksi.

7. Mister Majestic.

Pemunculan perdana: Komik WildC.A.T.s No. 11 (Juni 1994).


Mister Majestic adalah karakter yang sengaja didesain menyerupai Superman. Itulah sebabnya ia adalah tokoh paling kuat di dunia Wildstorm, perusahaan komik independen yang dibeli oleh DC tahun 1999. Mister Majestic adalah dewa perang dan komandan dari sekumpulan pesawat tempur alien dan terdampar di bumi. Itulah sebabnya ia berperangai brutal dan bergaya militan. Karena mampu hidup hingga ribuan tahun, keberadaannya mempengaruhi sejarah manusia hingga beberapa generasi. Akhirnya ia berubah jadi baik dan bergabung dengan sekelompok superhero yang dikenal dengan nama Wildcats. Ia punya ego tinggi yang berasal dari kompleksitas kesuperannya. Pesan moral dari tokoh ini ini adalah bahwa jika seseorang dengan kekuatan yang demikian besar tanpa didasari sifat baik akan menjadi seperti Mister Majestic.

6. Apollo.

Pemunculan perdana: Komik Stormwatch Vol. 2 No. 4 (Februari 1998).


Seperti Mister Majestic, Apollo adalah Supermannya dunia Wildstorm. Seperti Superman, kekuatan Apollo berasal dari sinar matahari. Pada kekuatan penuh ia nyaris tak terkalahkan, serta dapat menembakkan sinar panas dan cahaya. Aslinya, ia adalah manusia yang termutasi dan dirancang sebagai bagian dari tim untuk melawan Stormwatch, salah satu dari tim superhero Wildstorm. Namun karena kesalahan saat melakukan misi, ia membuat sebagian besar rekan-rekannya tewas. Dalam pelariannya ia bergabung dengan Authority, tim superhero lain, bersama kekasihnya, Midnighter. Meski secara teknis bukan yang pertama, Apollo adalah superhero pertama yang mengaku dirinya gay.

5. The Sentry (Robert Reynolds).

Pemunculan perdana: Komik The Sentry No. 1 (September 2000).


Seperti halnya Hyperion, the Sentry adalah nama dari beberapa karakter yang berbeda di dunia Marvel. Yang dibahas di sini adalah titisan dari the Sentry yang paling menonjol, yang dikenal sebagai Robert Reynolds. The Sentry adalah salah satu komik paling aneh dalam sejarah penerbitan. Meskipun pertama kali dikenalkan pada tahun 2000, ia mampu menjadi anggota terkemuka di dunia Marvel yang didirikan tahun 1960-an tersebut. Namun, sebuah kekuatan jahat bernama The Void menyebabkan semua dunia, termasuk komunitas manusia super, melupakannya. Setelah memperoleh kembali ingatannya, ia berjuang melawan The Void sembari menjalin kembali hubungannya yang terputus dengan Fantastic Four, Spider-Man, Hulk, dan X-Men. Sejak itu ia menjadi karakter paling hebat di seluruh semesta Marvel, bahkan mampu membunuh Ares, dewa perang Yunani. Meski begitu, kekuatan luar biasanya terhambat oleh penyakit mental yang akut, termasuk schizophrenia berat.

4. Omni-Man.

Pemunculan perdana: Komik Invincible No. 1 (Januari 2003).


Omni-Man adalah ayah dari Invincible, superhero di dunia Image Comics. Ia punya kekuatan ala Superman. Ia juga memiliki rentang kehidupan yang meningkat secara besar-besaran. Awalnya, Omni-Man digambarkan sebagai pelindung bumi dan kepala keluarga yang sempurna, hingga kemudian dia membunuh semua pahlawan yang ada dan menyatakan tunduk pada Kerajaan Viltrumite. Viltrumite adalah ras alien humanoid yang paling tangguh di semesta. Omni-Man ditugaskan untuk menaklukkan bumi. Itulah sebabnya ia menjadi musuh dari anaknya sendiri. Namun, ia berbalik berpihak pada bumi dalam berperang melawan Viltrumite dan berhasil menghancurkan planet mereka bersama anaknya.

3. Astonishman.

Pemunculan perdana: Komik The End League No. 1 (Januari 2008).


Astonishman adalah karakter yang ada di The End League, buku komik serial yang diterbitkan oleh Dark Horse Comics. Inti dari serial ini adalah gagalnya memenangkan perang melawan kejahatan. Para penjahat super berhasil menaklukkan bumi dan memaksa superhero yang tersisa untuk saling bergabung. Mereka dipimpin oleh Astonishman, pegawai pemerintah yang menjadi pahlawan pada Perang Dunia II. Pada Mei 1962, ia dipedaya oleh penjahat bernama Lexington dalam penyerangan sebuah kepala nuklir di dasar samudra yang menghancurkan bumi. Astonishman cukup hebat dalam menggeser siklus gravitasi bumi. Ia bisa terbang dengan kecepatan 6 kali kecepatan suara dan punya indra yang sangat luar biasa hingga mampu memindai bumi dalam beberapa detik.

2. Alpha One.

Pemunculan perdana: Komik The Migthy No. 1 (Februari 2009).


Alpha One adalah karakter milik DC Comics yang ada di semestanya sendiri. Di semesta itu, ia adalah satu-satunya superhero. Ia punya semua standar kekuatan Superman. Namun, karena hanya satu-satunya superhero di dunianya, ia dibantu oleh Section Omega, kesatuan polisi yang bertujuan membantunya mencari keadilan. Sejauh ini Alpha One hanya muncul di 12 buku yang diterbitkan terbatas. Di lain pihak, Paramount telah memperoleh hak atas karakter ini, sehingga filmnya bukan tak mungkin akan segera dibuat.

1. The Plutonian.

Pemunculan perdana: Komik Irredeemable No. 1 (Maret 2009).


Buah karya komikus top Mark Waid, Plutonian adalah karakter utama di serial komik Iredeemable. Serial tersebut untuk menjawab pertanyaan, apa jadinya orang dengan kemampuan Superman menjadi penjahat. Di komik, Plutonian awalnya adalah superhero terhebat di dunianya dan ia menjadi pemimpin the Paradigm, yang beranggotakan sekelompok superhero. Kekuatannya tumbuh menjadi demikian besarnya hingga ia mampu melihat dan mendengar apapun yang ada di dunia. Akibatnya, keyakinannya sebagai manusia memudar. Saat melakukan kesalahan yang berakibat matinya ratusan anak-anak, ia marah, menghancurkan seisi kota, membantai teman-temannya sendiri dan musuhnya, dan membunuh jutaan orang. Plutonian berada pada posisi karakter tragis yang mendasar, di mana ia tidak mampu menghadapi semua tanggung jawabnya dan mengatasi kesalahan yang membawanya pada konsekuensi yang mengerikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar