Jumat, 29 Juni 2012

Dewa Dewa Penguasa Air

Air merupakan sumber kehidupan, karena semua makhluk hidup pasti memerlukannya. Bumi tempat kita tinggal pun sebagian besar terdiri dari air. Begitu pentingnya keberadaan air bagi kehidupan, sehingga banyak mitologi atau cerita dongeng dari berbagai negara yang menceritakan kepercayaan akan adanya dewa yang menguasai air. Dewa-dewa itu ada yang menguasai air laut, sungai, atau hujan. Mereka dipercaya mengatur air untuk kelangsungan hidup manusia. Siapa saja dewa-dewa itu?

Mitologi Yunani
Di dalam mitologi Yunani diceritakan bahwa pada masa lalu manusia memiliki dewa lautan yang bernama Poseidon. Poseidon adalah putra dari Titans Cronus, penguasa jagat raya di masa Golden Age dan Rhea. Poseidon bersaudara dengan Zeus (dewa langit dan pemimpin dewa-dewa Olympian), Hades (dewa kematian), Demeter (dewi bumi), Hestia (dewi perapian), dan Hera (dewi pernikahan).
Kisah tentang Poseidon termasuk yang paling banyak diceritakan dalam mitologi dan legenda kuno. Ketika Laomedon, Raja Troya berbuat curang terhadap Poseidon dan Apollo (dewa matahari) setelah mereka membantu membangun tembok kota, Poseidon membalas dendam dengan mengirimkan monster laut yang sangat mengerikan untuk menghancurkan negeri tersebut. Dan ketika berlangsung Perang Troya, Poseidon membantu pasukan Yunani.  
Dalam seni, Poseidon digambarkan sebagai laki-laki berjenggot yang agung, menggenggam trident (tongkat yang salah satu ujungnya berlekuk tiga dengan panah di setiap lekukannya) dan seringkali didampingi oleh seekor lumba-lumba.


Mitologi Romawi
Mitologi Romawi banyak dipengaruhi oleh mitologi Yunani. Bangsa Romawi menamakan dewa dewi mereka berdasarkan tempat-tempat yang istimewa. Dewa lautan dalam mitologi Romawi bernama Neptunus, putra dari Saturnus, dan bersaudara dengan Jupiter (raja para dewa) dan Pluto (dewa kematian). Neptunus sering disamakan dengan dewa lautan dari Yunani, Poseidon.


Mitologi Mesopotamia
Dalam mitologi Mesopotamia juga terdapat dewa air yang bernama Enki. Enki sering digambarkan duduk di singgasananya mengenakan topi tinggi dewa agung, dan seringkali menggenggam tongkat dan lingkaran cincin sebagai simbol kekuatan ketuhanan. Enki dikelilingi oleh tiga hewan, yaitu hewan bertanduk (biasanya kambing gunung), ikan, dan seekor burung yang seperti burung elang. Ikan dan hewan bertanduk tersebut kemudian menyatu menjadi monster yang menjadi simbol keberadaan Enki, yang kemudian dikenal sebagai salah satu simbol zodiak.


Mitologi Finlandia
Ahto atau Ahti adalah dewa laut, danau dan sungai dalam mitologi Finlandia. Istananya terletak di tengah-tengah lembah dan jurang yang terjal, tertutup awan dan dilindungi oleh ombak. Ahto selalu merasa iri pada dewa langit, karena dia merasa umat manusia hanya memohon dan berdoa pada dewa langit, bukan pada dirinya. Ahto kemudian menyuruh pelayannya membawa pusaran air, jin, dan peri air ke bumi untuk mengganggu umat manusia.



Mitologi Hindu

Mitologi Cina
Dewa air dalam mitologi Cina bernama Long Wang. Jika muncul di hadapan manusia, Long Wang akan menampakkan dirinya sebagai orang baik dan sangat murah hati pada semua makhluk hidup. Selain Long Wang ada juga Qi Yu, dewa hujan. Qi Yu berbadan setengah sapi jantan dan setengah raksasa, dan kepalanya diselubungi besi.

           Dalam ajaran agama Hindu, Baruna atau Waruna (Devanagari: वरुण; Latin: Varuna) adalah manifestasi Brahman yang bergelar sebagai dewa air, penguasa lautan dan samudra. Kata Baruna (Varuna) berasal dari kata var (bahasa Sanskerta) yang berarti membentang, atau menutup. Kata "var" tersebut kemudian dihubungkan dengan laut, sebab lautan membentang luas dan menutupi sebagian besar wilayah bumi.
Menurut kepercayaan umat Hindu, Baruna menguasai hukum alam yang disebut Reta. Ia mengandarai makhluk yang disebut makara, setengah buaya setengah kambing (kadangkala makara disamakan dengan buaya, atau dapat pula digambarkan sebagai makhluk separuh kambing separuh ikan). Istri Beliau bernama Baruni, yang tinggal di istana mutiara. Oleh orang bijaksana, Dewa Baruna juga disebut sebagai Dewa langit, Dewa Hujan, dan dewa yang menguasai hukum.

2 komentar:

  1. Dapatkan Bonus New Member Terbesar Dari Axakartu Yang Merupakan Salah Satu Agen IDN Poker Terpercaya Dalam Melayani Pendaftaran Poker Online Indonesia.

    -Bonus Member Baru 50%
    -Super Bonus Deposit 5% + 100%
    -Bonus Hiburan Kartu JP Hingga 300K
    -Bonus Deposit Harian 5%
    -Bonus Mingguan Hingga 0,5%

    -Minimal Deposit Bonus Member Baru 100K
    -Minimal Deposit Super Bonus Deposit 150K
    -Minimal Deposit Bonus Deposit Harian 100K

    Bonus Mingguan Dibagikan Setiap Hari Kamis, Jika Capai Target TurnOver 1JT Bonus Akan Dibagikan.

    Daftar Poker Online Indonesia

    Poker Online

    Situs IDN Poker

    Poker Online Bonus New Member Terbesar

    Agen Poker Indonesia

    Daftar Poker Online

    Poker Uang Asli Terbaru

    AXAKARTU

    Dewa88

    Bagi Bonus Terbesar Indonesia

    BalasHapus