Kamis, 25 April 2013

13 Kostum Film yang Didaur Ulang

 Memproduksi kostum untuk film atau serial televisi membutuhkan dana yang tak sedikit. Maka seringkali para penata kostum menggunakan satu kostum berkali-kali, di beberapa film, dikenakan oleh beberapa aktris yang berbeda.
Di antara "daur ulang" kostum berikut ini, menurut Anda siapa yang mengenakannya paling baik?

1. "Downtown Abbey" vs. "Titanic" vs. "Brotherhood of the Wolf"

Michelle Dockery di "Downton Abbey" pada 2010 (kiri), Geraldine Somerville di "Titanic" pada 2012 (tengah). Tak hanya gaunnya, kalungnya pun sempat dipakai pula oleh Monica Bellucci di film "Brotherhood of the Wolf" tahun 2001 (kanan).

2. "Buffy the Vampire Slayer" vs. "Bones"
"Buffy the Vampire Slayer" vs. "Bones"
Alyson Hannigan (kiri) mengenakan kostum ini di salah satu episode "Buffy the Vampire Slayer" tahun 1999. Lindsey Stoddart mengenakannya di serial "Bones" tahun 2006. (Untuk kostum daur ulang lainnya, cek di Recycledmoviecostumes.tumblr.com).

3. Glenn Close vs. Madonna

Gaun yang dikenakan Glenn Close tahun 1988 di film "Dangerous Liaisons" (kiri) begitu disukai Madonna hingga ia meminjamnya untuk tampil di MTV Music Awards tahun 2000.

4. "North and South" vs. "Desperate Romantics"

Daniela Denbe Ashe di film "North and South" tahun 2004 (kiri) dan Jennie Jacques di film "Desperate Romantics" tahun 2009.

5. Lady Mary vs. Catherine Zeta-Jones

Gaun merah nan anggun yang dikenakan Michelle Dockery di serial "Downton Abbey" (kiri) memikat banyak orang, namun Catherine Zeta Jones memakainya lebih dulu di "Death Defying Acts" tahun 2007.

6. "Downton Abbey" vs. "Portrait of a Marriage"

Zoe Boyle dari serial "Downton Abbey" di 2011 (kiri) mengenakan gaun hijau yang dipakai Cathryn Harrison di "Portrait of a Marriage" tahun 1990.

7. "The Forsyte Saga" vs "Princess Ka'iulani" vs. "Doctor Who"

Gillian Kearney mengenakan gaun ungu-hitam ini tahun 2003 di "The Forsyte Saga" (kiri), Q'orianka Kilcher mengenakannya tahun 2009 di "Princess Ka'iulani" (tengah), dan Jenna Louise-Coleman mengenakannya di "Doctor Who" tahun 2013.

8. Lady Edith vs. "A Room With a View"

Elaine Cassidy (kanan) mengenakan gaun putih dengan potongan leher V ini tahun 2007 untuk produksi televisi "A Room With a View," kemudian Laura Carmichael mengenakannya beberapa tahun kemudian dalam "Downton Abbey."

9. "Gone With the Wind" vs. "Can't Help Singing"

Walter Plunkett merancang kostum ini untuk dua film: "Gone With the Wind" (1939) dan "Can't Help Singing" (1944), maka tak heran jika gaun ini muncul dua kali dipakai Vivien Leigh (kiri) dan beberapa tahun kemudian dikenakan oleh seorang figuran, dengan tambahan lengan.

10. "Anastasia" vs "The House of Elliot" vs. Lady Rose

Gaun putih-biru ini dikenakan Amy Irving tahun 1986 di "Anastasia: The Mystery of Anan" (kiri). Louise Lombard tahun 1991 di "The House of Elliot" (tengah), dan tahun 2012 oleh Lily James di "Downtown Abbey."

11. Marilyn Monroe vs. Leslie Caron
Marilyn Monroe vs. Leslie Caron
Marilyn Monroe (kiri) mengenakan baju seksi ini tahun1956 di film "Bus Stop." Leslie Caron mengenakannya beberapa tahun kemudian di 1959 pada film "The Man Who Understood Women."

12. "Moonlighting" vs. "Murder, She Wrote"
"Moonlighting" vs. "Murder, She Wrote"
Era 80-an adalah zamannya pad bahu dan manik-manik. Cybill Shepherd (kiri) memakainya di serial televisi "Moonlighting" (1985) dan Eleanor Parker di "Murder She Wrote" (1986).

13. Glinda vs. "San Francisco"
Glinda vs. "San Francisco"
In Tahun 1939, Billie Burke membuat gaun ini identik dengan karakter penyihir baik hati Glinda di "The Wizard of Oz" (kiri). Namun Jeanette MacDonald mengenakannya lebih dulu tahun 1936 di film "San Francisco."

1 komentar: