Selasa, 04 Agustus 2015

101 Tahun Peringatan Lampu Lalu Lintas Pertama Kali Ditemukan di Logo Google

https://www.google.co.id/logos/doodles/2015/101st-anniversary-of-the-first-electric-traffic-signal-system-5751092593819648-hp.gif

Kapan lampu lalu lintas pertama kali ditemukan? itulah hasil pencarian Goodle Doodle hari ini tanggal 5 Agustus 2015 yang berbeda dari tampilan homepage sebelumnya yang saat ini merayakan ulang tahun ke-101. Pertama kalinya Sistem lampu lalu lintas ditemukan menampilkan animasi berbentuk gambar mobil yang berhenti ketika lampu jalan raya berwarna merah, serta berjalan ketika lampu jalan raya itu beralih menjadi warna hijau.

Lampu lalu lintas pertama kalinya dipublikasikan pada tahun 1868 ketika perkembangan teknologi mesin telah mulai banyak dipakai oleh orang-orang. Lampu lalu lintas terpublikasikanpertama kalinya di London dekat Gedung Parlemen. Cuma saja, waktu itu lampu lalu lintas tersebut baru mempunyai dua warna, yaitu hijau serta merah. Awal mula Penemu lampu lalu lintas adalah Lester Farnsworth Wire yang mencoba untuk dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan.

Garrett Augustus Morgan yang merupakan warga negara AS berupaya membuat lampu lalu lintas supaya bisa dipakai dengan cara efisien serta juga lebih aman. Eksperimen ini berawal saat ia menyaksikan satu tabrakan yang berlangsung pada mobil serta kereta kuda. Momen itu berlangsung dikarenakan pada saat itu system penyusunan lalu lintasnya memakai tanda stop and go.

Ia lalu membuat lampu jalan raya berwujud seperti huruf T. Lampu ini terbagi dalam 3 lampu dengan warna yang berlainan, yakni tanda stop yang diwarnai dengan lampu merah, go diwarnai lampu hijau, posisi stop diwarnai lampu kuning. Lampu kuning yang memberi jeda saat buat mulai berjalan atau mulai berhenti. Lampu kuning juga berikan peluang buat berhenti serta jalan dengan cara perlahan.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/29/TrafficSignalInstallationUS1940.jpg/220px-TrafficSignalInstallationUS1940.jpg
Lampu lalu lintas mempunyai banyak variasi, tergantung dari budaya negara yang memakainya serta keperluan spesial di perempatan khusus. Misal variasinya yaitu lampu jalan raya spesial pejalan kaki, lampu jalan raya buat pemakai sepeda, bus, kereta, dan sebagainya. Urutan lampu yang terpasang juga bisa berlainan, disesuiakan dengan budaya yang sudah ada disetiap negara sejak dahulu, yang terpenting dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan.

Dengan adanya penemuan-penemuan masa lalu yang memberikan kenyamanan untuk para pengendara, bisa digunakan sampai saat ini dan terus dikembangkan untuk dapat menghindari kecelakaan yang terjadi dijalan. Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat dapat membantu pengguna jalan bisa berjalan lebih nyaman dan aman dijalan raya dengan penggunaan lampu lalu lintas yang disempurnakan saat ini.


Sumber : http://www.szaktudas.com

1 komentar: