Google+ Followers

Kamis, 29 September 2016

Ladislao Jose Biro Sang Penemu Bolpoin di Logo oogle

https://www.google.co.id/logos/doodles/2016/ladislao-jose-biros-117th-birthday-5067428201496576-hp.gif

Ladislao Jose Biro sang penemu bolpoin ditampilkan dalam Google Doodle hari ini Kamis, 29 September 2016. Uniknya, bukan wajah Biro yang muncul dalam animasi di halaman utama Google hari ini. Melainkan animasi unik yang menampilkan cara kerja bolpoin. Penemuan Ladislao Jose Biro yang tanggal ini berulang tahun ke-117, telah mengubah dunia.

Bolpoin, benda yang sehari-hari telah menolong jutaan orang mencatat hal-hal penting, baru ditemukan dalam delapan dekade terakhir. Pencetus gagasan untuk benda mungil nan penting ini, adalah Ladislao Jose Biro yang lahir di Budapest, Hungaria pada 29 September 1899. Biro yang bekerja sebagai jurnalis, pelukis, sekaligus penemu ini, cukup pusing dengan sistem pena era terdahulu yang terbuat dari bulu angsa.

Pena semacam itu tidaklah praktis, karena penggunanya harus mencelupkan ujung pena ke kotak tinta.

Kemungkinan tinta tumpah atau tercecer cukup besar. Biro yang kerap datang ke percetakan, kemudian terilhami tinta untuk percetakan koran. Tinta tersebut cepat kering dan tidak tercecer. Oleh karenanya, Biro menyadari, ternyata ada cara untuk membuat pena lebih praktis digunakan.

https://cdn.sansimera.gr/media/photos/Laszlo_Biro.jpg
Ladislao Biro tidak sendirian dalam mengembangkan gagasan tentang bolpoin. Ia bekerjasama dengan saudaranya, Gyorgi yang seorang ahli kimia. Perpaduan ide keduanya menghasilkan pena model baru yang memiliki bola kecil di bagian ujung, yang fungsinya berputar untuk menarik tinta dari cartridge. Kita bisa melihat sistem bola kecil ini bergerak dalam animasi doodle hari ini. Dan karena keberadaan bola kecil inilah, maka pena temuan Biro bersaudara ini disebut ballpoint.

Ladislao Jose Biro mematenkan bolpoin pada tahun 1938. Kemudian, dua bersaudara Biro pindah ke Argentina pada 1943, dan membentuk Biro Pens of Argentina. Di negara tersebut, bolpoin lebih dikenal dengan nama birome, yang diambil dari nama keluarga Ladislao Jose dan Gyorgy. Argentina sendiri sangat menghormati jasa Ladislao Jose Biro, sehingga tanggal kelahirannya, 29 September dijadikan sebagai Hari Penemu Argentina.


Sumber : Sidomi

Senin, 26 September 2016

Hari Ulang Tahun Google

https://www.google.co.id/logos/doodles/2016/googles-18th-birthday-5661535679545344-hp.gif

Bila membuka halaman utama mesin pencari Google hari ini, Selasa (27/9/2016), Anda akan menemukan sebuah animasi "Google Birthday". Animasi tersebut ternyata merayakan hari ulang tahun Google yang ke-18.

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 1998 silam. Selanjutnya, tanggal 27 September ditandai sebagai hari kelahiran mesin pencari Google.

Meskipun demikian, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Telegraph, tak ada yang benar-benar yakin soal tanggal terbentuknya Google. Bahkan, orang-orang di dalam perusahaan itu pun tak mengetahuinya.

Perayaan ulang tahun setiap 27 September itu pun baru dilakukan sejak 2006 lalu. Sedangkan setahun sebelumnya, yaitu pada 2005, Google merayakan ulang tahun di tanggal 26 September.

Perubahan tanggal ulang tahun ini bukan cuma terjadi sekali. Sebelum tahun 2005 pun Google sudah merayakan ulang tahun di tanggal yang berbeda.

Tepatnya, pada 7 September 2004 lalu, raksasa mesin pencari ini menayangkan Google Doodle perayaan ulang tahunnya sendiri ke seluruh dunia. Sedangkan pada 2003, ulang tahun tersebut dirayakan pada 8 September.

Tanggal-tanggal yang berbeda itu tidak terlihat memiliki keterkaitan satu sama lain. Namun bila menilik sejarah, dapat dilihat bahwa pendaftaran Google sebagai perusahaan dilakukan pada 4 September 1998.

Artinya, bila melihat dari perspektif perusahaan, maka tanggal 4 September bisa jadi merupakan hari kelahiran Google yang paling masuk akal.

Walau demikian, jangan lupakan bahwa Google sebenarnya sudah mulai dirintis sejak tahun yang lebih lama dari itu. Ide pembuatannya mulai digarap pada 1996 silam, sebagai sebuah proyek riset di Stanford University.

Sekadar diketahui, Google sendiri mengakui bahwa hari ulang tahunnya dirayakan di empat tanggal berbeda selama beberapa tahun belakangan ini. Namun sementara waktu ini, perusahaan mesin pencari itu memutuskan 27 September sebagai hari kelahirannya.


Sumber : http://tekno.kompas.com

Jumat, 23 September 2016

Rodolfo Guzmán Huerta di Logo Google

https://www.google.com/logos/doodles/2016/rodolfo-guzman-huerta-el-santos-99th-birthday-5630362233339904-hp2x.jpg

Hari Jumat ini (23/9/2016), Google menampilkan doodle baru di laman utama mesin pencarinya. Desain Doodle tampak memadukan huruf-huruf logo “Google” dengan sebuah topeng.

Saat di-klik, doodle akan memutar slideshow berisi ilustrasi karir seorang pegulat yang berjaya, termasuk overview kota tempatnya tinggal dan adegan-adegan pertarungan di atas ring.

Total terdapat 12 gambar yang bisa dilihat. Siapa tokoh dalam gambar-gambar tersebut?

Dialah El Santo (julukan yang berarti “orang suci”), seorang pegulat bertopeng asal Meksiko yang dulu menjadi salah satu ikon pertunjukan olahraga tersebut di negara asalnya.

http://indowarta.com/hiburan/wp-content/uploads/2016/09/Rodolfo-Guzm%C3%A1n-Huerta1.jpg
Bernama asli Rodolfo Guzmán Huerta, pria ini lahir hampir 100 tahun lalu pada 23 September 1917. Google Doodle hari ini memperingati ulang tahunnya yang ke-99.

Guzman mulai terjun sebagai luchadores alias pegulat profesional bertopeng pada pertengahan 1930-an, setelah sebelumnya sempat belajar ilmu beladiri jujitsu. Nama “El Santo” mulai digunakan pada tahun 1942.

Sepanjang karirnya yang membentang selama hampir lima dekade, El Santo membantu mempopulerkan pertunjukan gulat di Meksiko.

Salah satu kebiasannya yang terus dikenang adalah terus mengenakan topeng sepanjang waktu di luar arena. Bahkan ketika sedang ngobrol empat mata dengan orang lain.

Saat bepergian dengan pesawat, El Santo mengambil penerbangan berbeda dari para kru gulat lain supaya mereka tak melihat wajahnya ketika membuka topeng untuk melalui pemeriksaan imigrasi.

Satu-satunya saat di mana El Santo membuka topeng di hadapan publik adalah ketika mengucap selamat tinggal kepada para fans, dalam sebuah wawancara TV yang ditayangkan pada akhir Januari 1984, setahun setelah dia pensiun dari arena gulat.

Hanya seminggu setelahnya, El Santo meninggal karena serangan jantung. Dia dimakamkan dengan memakai topeng kebanggaannya yang berwarna perak.


Sumber : http://tekno.kompas.com

Kamis, 15 September 2016

Jean Batten Sosok Penerbang Wanita Di Logo Google

https://www.google.co.id/logos/doodles/2016/jean-battens-107th-birthday-5170085972934656-hp.jpg

Jean Batten sosok penerbang wanita asal Selandia Baru menjadi ikon dalam Google Doodle hari ini Kamis, 15 September 2016. Perempuan kelahiran 1909 ini sepanjang hidupnya kerap memecahkan rekor di dunia penerbangan. Atas alasan inilah, Google hari ini merayakan ulang tahun Batten yang ke-107.

Doodle di google hari ini tampak klasik dengan perpaduan warna merah-biru untuk kartun seorang wanita yang tengah menggendong kucing di samping pesawat. Siapakah dia? Jean Batten atau yang bernama lengkap Jean Gardner Batten  lahir di Rotorua, North Island, Selandia Baru pada 15 September 1909. Putri pasangan Frederick Batten dan Ellen Batten sebenarnya seorang pianis berbakat. Di usia 15 tahun, ia bahkan sudah mendapatkan latihan balet dan piano.

Tetapi keinginan Jean Batten berubah dalam sekejap. Di usia 18 tahun, Jean menyaksikan sendiri kehebatan seorang pilot asal Australian, Charles Kingsford Smith. Pria ini mengajak Jean merasakan serunya petualangan udara dengan memberinya ‘tumpangan’ di pesawat Southern Cross milik Smith. Sejak saat itulah Jean Batten cuma punya satu tujuan hidup: menjadi pilot.

http://myhero.com/images/guest/g220150/hero59415/g220150_u67484_jean_batten_plane.jpg
Datang ke Inggris pada 1929, Jean Batten semakin menekuni hobi barunya tersebut. Ia sudah mendapatkan lisensi untuk mengemudikan pesawat pribadi dan komersial pada 1932, ketika berusia 23 tahun. Memang ada cara Jean yang bikin kening berkerut.

Untuk mendapatkan waktu terbang yang dibutuhkan demi pengesahan lisensi, tidak hanya butuh kemampuan. Tetapi juga uang. Dalam hal ini Jean ‘rela’ terlibat hubungan khusus dengan setidaknya dua penerbang pria kala itu, agar bisa memperoleh pinjaman uang.

Tetapi, hal itu tidak mengurangi prestasi Jean Batten yang luar biasa. Dikutip dari Kompas, pada Mei 1934, perempuan ini sukses melakukan penerbangan solo dari Inggris ke Australia. Pesawat yang dikemudikannya adalah de Havilland DH.60 Moth. Bukan main-main, ia menghabiskan waktu selama 14 hari dan 22 jam. Batten memecahkan rekor yang dipegang sebelumnya atas nama Amy Johnson yang membutuhkan waktu lebih lama, 19 hari.

Sekian rekor diukir kembali oleh Batten. Termasuk pada 1935, ketika ia mencatatkan diri sebagai perempuan pertama yang mampu terbang pulang-pergi dari Inggris-Australia dan rute sebaliknya. Lalu, darimana kucing di Google hari ini muncul menghias doodle Batten? Kucing tersebut bukanlah sembarang kucing. Buddy, demikian namanya, adalah kucing kesayangan Batten yang dibawa kemana pun wanita tersebut pergi.


Sumber : Sidomi

Sabtu, 03 September 2016

Asep Sunandar Maestro Wayang Golek di Logo Google

https://www.google.co.id/logos/doodles/2016/asep-sunandars-61st-birthday-5728684184961024-hp.jpg

Asep Sunandar Sunarya, maestro wayang golek, tampil dalam Google Doodle hari ini. Dalang yang berpulang pada 31 Maret 2014 lalu diberi penghormatan oleh Google untuk mengenang hari ulang tahunnya pada 3 September 1955. Tidak hanya Asep Sunandar saja yang ditampilkan, tetapi juga dua tokoh wayang golek, Semar dan Cepot yang sudah menjadi ‘ciri khas’-nya.

Google hari ini Sabtu, 3 September 2016 menampilkan kartun pagelaran wayang golek yang unik. Ada tokoh Semar, dengan kuncung putih berperut buncit yang berhadapan dengan Cepot (Astrajingga) dengan iket kepala gaya Sunda. Sementara, wajah Asep Sunandar sebagai dalang, terliht hanay sebagian, tersamar oleh papan bertuliskan Google.

Google memang tengah merayakan ulang tahun ke-61 Asep Sunandar. Beliau lahir di Kampung Jelekong, Baleendah, Bandung pada 3 September 1955. Pria ini disebut Google sebagai ‘dalang wayang golek paling terkenal di dunia’ ini. Bukan ucapan yang sembarangan, karena memang prestasi Asep Sunandar sudah mendunia.

http://www.dakwatuna.com/wp-content/uploads/2014/03/KI-Dalang-Asep-Sunandar-Sunarya.jpg
Bahkan dikutip dari Kompas, Asep Sunandar pernah diminta menjadi dosen luar biasa di Institut International De La Marionnette, Charlevile, Perancis. Di sana, Asep mengajar selama dua bulan. Lebih jauh, masyarakat akademis Perancis menganugerahinya gelar profesor.

Sepanjang hidup, Asep Sunandar identik dengan tokoh Cepot alias Astrajingga. Malahan, berkat Asep Sunandar, Cepot begitu dikenal sebagai ikon wayang golek. Karakter Cepot sendiri tergolong ‘luar biasa’. Putra tertua Semar ini (dalam versi Sunda) jenaka dan suka membanyol. Meskipun demikian, Cepot kerap digunakan oleh Asep Sunandar untuk menyampaikan petuah, nasehat, dan kritik.

Dalam halaman khususnya untuk Asep Sunandar, Google menuliskan bahwa “boneka wayang golek terbuat dari kayu, dan dikendalikan melalui batang yang terhubung ke tangan dan kepala boneka tersebut. Dalang wayang goleklah yang bertanggungjawab untuk seluruh pagelaran. Ialah yang memutuskan kisah yang bakal ditampilkan, juga mengelola semua gerakan dan suara boneka kayu tersebut.”

Asep Sunandar memang sudah meninggal pada 31 Maret 2014 karena serangan jantung. Namun, karya-karyanya akan tetap abadi dikenang dunia. Aseplah yang membuat wayang golek dikenal di mancanegara. Atas jasa-jasanya memperkenalkan wayang golek inilah, Asep mendapatkan Satya Lencana Kebudayaan dari Presiden Soeharto pada 1995.
Selamat ulang tahun, Asep Sunandar!


Sumber : Sidomi