Google+ Followers

Minggu, 07 Februari 2016

Selamat Tahun Baru Imlek Gong Xi Fa Cai Jadi Tema Google

https://www.google.co.id/logos/doodles/2016/lunar-new-year-2016-5134827118395392-hp.jpg


Selamat tahun baru Imlek Gong XI Fa Cai jadi tema Google doodle hari ini Senin, 8 Februari 2016. Menyesuaikan dengan kalender China, muncul doodle sekawanan monyet yang bergelantungan di dahan bambu dengan lampion khas Tiongkok. Hal ini menandakan dimulainya Tahun Monyet Api 2657.

Kalender Cina punya keistimewaan tersendiri, yang membedakannya dengan Kalender Masehi, Jawa, atau Hijriyah yang lumrah dikenal di Indonesia. Mengikuti Zodiak China, Shengxiao, ada siklus 12 tahun dalam kalender China yang dikaitkan dengan zodiak atau shio tersebut. Dalam tradisi China, secara berurutan dalam rentang 12 tahun zodiak yang melingkupi adalah Tikus, Sapi, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, dan Babi.

Yang tidak kaah menarih adalah, shio tersebut juga digabungkan dengan elemen perbintangan Tionghoa, yaitu kayu, api, bumi, logam, dan air. Dengan demikian, secara keseluruhan, sebuah tahun dalam kalender China akan terulang tepat pada 60 tahun kemudian. Misalnya, Tahun Monyet Api 2657 yang dimulai pada 8 Februari 2016, akan terulang pada 2066 mendatang, dan demikian seterusnya.

http://2.bp.blogspot.com/-wIrI40iaunc/Vludk-HXH8I/AAAAAAAACOs/96VEh5lH-Fg/s1600/TAHUN%2BMONYET%2BAPI%2B2016.jpg
Jika melihat dari urutan zodiak, maka Monyet Api adalah tahun kesembilan dalam perputaran 12 tahun shio China. Monkey melambangkan kecerdasan dan ketangkasan. Mereka yang lahir di tahun ini, diperkirakan akan mampu beradaptasi dengan baik di semua kondisi, dan fleksibel dalam berpikir.

Doogle di Google hari ini, diciptakan oleh Alyssa Winnans. Dalam gambarannya, terlihat keluarga monyet yang berbahagia di tengah nuansa Imlek yang tidak hanya terjadi di China saja. Tetapi juga Korea, Mongolia, Vietnam, sampai Indonesia.


Sumnber : Sidomi