Google+ Followers

Sabtu, 27 September 2014

10 Danau Menakjubkan dari Penjuru Dunia

Jika Anda mengira kolam di taman kota Anda sangat mengesankan, maka Anda keliru, karena yang akan Anda lihat berikut ini adalah danau-danau spektakuler yang tersebar di seluruh dunia ini.

1. Danau Hillier - Australia Barat
Spectacular Lakes
Tidak seperti perairan berwarna merah muda lainnya di seluruh dunia, danau Hillier mengandung air berwarna merah muda terang yang tetap berwarna merah muda meski telah dipindahkan ke sebuah wadah. Sebagian besar danau serupa mendapatkan warna dari perpaduan beta-karoten yang dilepas oleh ganggang dan cahaya yang menembus air , namun saat ini tidak ada penjelasan ilmiah mengapa Danau Hillier berwarna merah muda.

2. Danau Obersee - Jerman
Spectacular Lakes
Jika peri dan goblin memang ada, mereka mungkin akan bercengkerama di Danau Obersee, Jerman. Berbatasan dengan pegunungan yang tertutup salju, danau ini membentang lebih dari 65 kilometer antara Bregenz dan Bodman Ludwigshafen, dan memiliki lebar 14 kilometer pada titik terluasnya.

3. Danau Reed Flute - Guilin, Tiongkok
Spectacular Lakes
Jika Anda menyukai gua yang berwarna-warni seperti pelangi, Anda bisa mengunjungi Danau Reef Flute di Guilin. Diperkirakan berusia lebih dari 180 juta tahun, gua batu kapur ini mengandung stalaktit, stalagmit dan formasi bebatuan dalam jumlah besar. Di dalamnya juga terdapat prasasti bersejarah yang telah ada sejak 792 Masehi.

4. Danau Kawah Kelimutu - Indonesia
Spectacular Lakes
Meski terletak di puncak gunung berapi yang sama, masing-masing dari tiga danau Kelimutu ini memiliki warna yang berbeda. Penduduk setempat meyakini bahwa perubahan warna pada danau tersebut bergantung pada suasana hati roh-roh yang tinggal di sana. Warna yang paling umum terlihat adalah warna biru, hijau dan hitam, meski demikian danau-danau tersebut juga diketahui berubah warna menjadi biru, merah dan putih.

5. Danau Mendidih (Boling Lake) - Dominika
Spectacular Lakes
Jika Anda ingin melihat danau berwarna biru keabu-abuan yang mendidih, Anda bisa mengunjungi Boiling Lake di Dominika. Tidak ada jalan langsung menuju danau itu dan Anda harus melalui perjalanan sejauh 13 kilometer di sepanjang pegunungan dan ngarai untuk dapat mencapai danau ini. Pada akhir 1800-an ada upaya untuk mengukur suhu danau ini. Mereka mencatat kisaran antara 82 hingga 90 derajat Celcius di tepi danau, meski demikian mereka tidak dapat mengukur suhu di bagian tengah danau yang mendidih.

6. Laut Mati - Yordania
Spectacular Lakes
Meski disebut Laut Mati, genangan air tersebut sebenarnya merupakan sebuah danau. Tercatat 8,6 kali lebih asin dibandingkan dengan laut mana pun, tidak ada makhluk yang hidup di dalamnya. Permukaan airnya terletak lebih dari 400 meter di bawah permukaan laut, yang artinya bahwa danau tersebut memiliki elevasi terendah di permukaan bumi.

7. Danau Berryessa Glory Hole - California
Spectacular Lakes
Danau Berryessa masuk dalam daftar danau spektakuler menurut versi kami karena “lubang kejayaan” - kanal air terbuka yang digunakan untuk menghasilkan listrik tenaga air. Terlihat seperti lubang hitam yang menelan air dari danau, lubang kejayaan ini berdiameter 22 meter.

8. Danau Baikal - Siberia, Rusia
Spectacular Lakes
Menjadi rumah bagi satu-satunya anjing laut air tawar yang ada di dunia, Danau Baikal menyimpan 20 persen air tawar dunia. Danau purbakala ini, yang diperkirakan telah berusia antara 25 hingga 30 juta tahun, juga mendapat gelar sebagai danau terdalam di dunia. Danau ini sangat menarik dilihat saat musim dingin, ketika airnya membeku dan memperlihatkan warna biru kehijauan yang berkilau dan indah.

9. Danau Jokulsarlon - Islandia
Spectacular Lakes
Jokulsarlon awalnya adalah danau berukuran 4,5 kilometer persegi, namun seiring berjalannya waktu, ukurannya bertambah menjadi 25 kilometer persegi dan terus bertambah setiap tahun karena es memecah Vatnajokull, gletser terbesar di Eropa. Gunung es raksasa yang mengapung di atas danau ini dikenal menampilkan bentuk-bentuk yang luar biasa, dan jika sudut pencahayaan matahari tepat, danau ini dapat memunculkan warna yang indah.

10. Danau Plitvice - Kroasia
Spectacular Lakes
Tercatat sebagai Warisan Dunia UNESCO pada 1979, 16 danau Plitvice yang mengalir ini dihubungan oleh serangkaian air terjun dan gua, dipisahkan oleh bendungan alami yang berwarna cerah. Karena jumlah mineral dalam air yang cukup tinggi, danau itu secara berkala berubah warna dari warna biru menjadi hijau. Setiap tahun, lebih dari 1,2 juta orang mengunjungi danau ini.


Sumber : Yahoo

Selasa, 23 September 2014

6 Pengurus Sepak Bola yang Tersandung Hukum

Penulis: Nasir/Rachmat
Olahraga bukan hanya persoalan menang dan kalah. Banyak nilai postif yang tercetus dari kegiatan ini. Contohnya saja sepak bola. Setiap laga selalu dimulai dengan pengusungan bendera fair play ke tengah lapangan. Tujuannya, mengingatkan para pemain, wasit, pelatih, dan pengurus asosiasi untuk berlaku sportif.

Namun hasrat untuk menang terkadang mendorong seseorang untuk melanggar prinsip bermain adil itu. Hingga banyak pengurus asosiasi sepak bola yang tidak berlaku sportif, bahkan berurusan dengan hukum. Berdasarkan penelusuran Plasadana.com untuk Yahoo Indonesia, berikut enam pengurus asosiasi sepak bola yang pernah terseret masalah hukum:

1. Nurdin Halid
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Nurdin-Halid-PSSI-0002.jpg
Nurdin Halid merupakan mantan ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang sarat dengan kontroversi. Mulai dari memimpin PSSI dari balik terali besi, menaturalisasi pemain, sampai menambah jumlah peserta Liga Indonesia tiap tahun sehingga tidak ada klub yang terdegradasi.
Tak hanya kebijakan PSSI yang ia buat kontroversial. Pun kelakuannya di luar dunia sepakbola. Sejak 2004, pria kelahiran Watampone, Sulawesi Selatan, ini akrab dengan masalah hukum. Hingga ia harus masuk keluar bui.
Misalnya saja pada 16 Juli 2004. Nurdin yang menjabat ketua umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) periode 2004-2009, menjadi tersangka dan ditahan karena kasus dugaan penyelundupan gula impor ilegal 73 ribu ton. Begitu pula dalam perkara dugaan korupsi distribusi minyak goreng di Koperasi Distribusi Indonesia (KDI).
Meski Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sempat menyatakan Nurdin Halid tidak bersalah atas tuduhan tersebut, Mahkamah Agung memvonisnya dua tahun penjara pada 13 Agustus 2007.
Ia juga menghadapi tuntutan 10 tahun penjara dalam kasus gula impor ilegal 56 ton dengan kerugian negara Rp3,4 miliar, September 2005. Namun majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menolak dakwaan dengan alasan berita acara penyidikan cacat hukum.
Dalam kasus pelanggaran kepabeanan impor beras dari Vietnam, Nurdin mendapatkan ganjaran penjara 2 tahun 6 bulan di Rumah Tahanan Salemba, 9 Agustus 2005. Namun baru satu tahun masa hukuman, mendapatkan remisi Hari Kemerdekaan Indonesia.

2. Carlo Tavecchio
http://forzaitalianfootball.com/wp-content/uploads/2014/07/Carlo-Tavecchio.jpg
Carlo Tavecchio adalah presiden federasi sepak bola Italia (FIGC) yang baru terpilih awal Agustus 2014. Meskipun baru beberapa bulan memimpin, pria kelahiran 13 Juli 1943 itu langsung mengundang kontroversi. Bahkan banyak kalangan yang menganggap rival Tavecchio, Dimitrio Albertini, lebih pas menjabat posisi orang nomor satu dalam persepakbolaan Italia.
Ini terjadi karena Tavechio sempat melontarkan pernyataan rasis dan menyinggung pemain berkulit hitam. Pada pidato di pemilihan, ia sempat membahas soal banjir pemain asing di Italia.  Kala itu, Tavechio mengeluarkan pernyataan yang mengacu kepada pemain fiktif, bernama Opti Poba. Kata Tavechio, Opti Poba dulunya pemakan pisang dan kini menjadi pemain tim utama Lazio.
Pengadilan Italia pun langsung menyelidiki kasus ini. Namun jaksa penuntut Stia Punefano Polazzi menutup kasus, dengan kesimpulan tak menemukan pelanggaran disiplin oleh Tavecchio.

3. Ricardo Teixeira
http://noticias.r7.com/blogs/marcos-pereira/files/2012/02/ricardo-teixeira-450.jpg
Mantan presiden konfederasi sepak bola Brazil (CBF), Ricardo Teixeira, juga bermasalah. Pria kelahiran Carlos Chagas, negara bagian Minas Gerais, ini sebetulnya tidak memiliki pengalaman dalam dunia sepakbola. Tapi ia berhasil terpilih sebagai presiden CBF pada 1989. Keberhasilan Teixeira menduduki posisi ini ditenggarai akibat kedekatannya dengan mantan Presiden Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) Joao Havelange. Yang tak lain adalah mertua Teixeira.
Di bawah kepemimpinan Teixeira, tim nasional Brazil memang berhasil menjuarai berbagai turnamen bergengsi. Seperti Piala Dunia 1998 dan 2002, serta empat kali menjuarai Copa Amerika. Namun banyak kasus hukum pula yang membelit Texeira.
Pada 2000, polisi Brazil menyelidiki dugaan dua kasus korupsi dan salah urus dalam persepakbolaan nasional. Penyelidikan berujung dengan 1.600 laporan yang mengacu pada tindak korupsi ke-16 klub unggulan. Juga penyalahgunaan pajak oleh jajaran direksi CBF pimpinan Teixeira.
Sementara kala 2010, Teixeira diduga menerima suap hampir sebesar 6 juta poundsterling, atau Rp86 miliar, dari perusahaan televisi FIFA yang bangkrut pada 1990-an. Namun ia menyangkal semua tuduhan. Argmentasi Teixeira, suap itu batal setelah Inggris gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia.

4. Nan Yong
http://i.cdn.turner.com/cnn/2010/SPORT/football/01/22/football.china.nan.yong/t1larg.nanyong.gi.jpg
Nan Yong adalah mantan ketua umum Chinese Football Association (CFA) atau PSSI-nya Cina. Sebagai kader Partai Komunis yang berkuasa, Nan memang punya akses bagus pada CFA. Toh penghuni CFA kebanyakan adalah kader Partai Komunis.
Nan mulai aktif menjadi pengurus CFA pada 1999. Dalam politik, karier Nan terbilang gemilang. Ia resmi menjadi sekretaris Partai Komunis pada 2005. Ini membuka jalan bagi Nan ke jenjang ketua umum CFA pada Januari 2009.
Namun di posisi puncak, Nan tersangkut masalah hukum. Ia diduga menerima suap dari wasit dan pengurus klub, sejak aktif di CFA. Indikasi ini menguat karena ia berhasil melipatgandakan kekayaan hingga ratusan lipat, meski baru setahun menjadi pemimpin CFA.
Mencium gelagat tak beres dari kekayaan Nan yang sangat mencolok mata, polisi menciduk Nan dan sejumlah pelaku sepak bola lain. Skandal Nan Yong ini sangat mengguncang persepakbolaan China karena melibatkan pejabat teras di CFA. Ia pun menerima hukuman penjara 10,5 tahun karena menerima suap lebih dari 1,48 juta yuan.

5. Xie Yalong
http://static.guim.co.uk/sys-images/Guardian/Pix/pictures/2012/6/13/1339580268764/Xie-Yalong-008.jpg
Skandal suap dan pengaturan skor di persepakbolaan Cina tidak hanya menjadikan Nan Yong sebagai pesakitan. Pendahulu Nan, Xie Yalong, juga menjadi terdakwa dan diduga terlibat dalam mega skandal itu.
Xie Yalong didakwa menerima suap lebih dari US$250 ribu. Xie Yalong terganjar hukuman penjara 10,5 tahun dan denda sebesar 200 ribu yuan.

6. Franco Carraro
http://sport.sky.it/static/images/sezioni/sport/luglio_09/franco_carraro.jpg
Pada 2006, publik dunia heboh dengan kasus pengaturan skor di persepakbolaan Italia. Tidak hanya membuat Juventus kehilangan gelar Scudeto dan terdegradasi ke Serie B, mega skandal Calciopoli itu juga melengserkan Franco Carraro, presiden federasi sepak bola Itialia (FIGC) saat itu. Carraro juga wajib membayar denda 80 ribu euro.


Sumber : Yahoo

Rabu, 17 September 2014

10 Artis Bollywood Yang Berawal Dari Bintang TV

Anda pasti mengenal bintang Bollywood yang satu ini, Shahrukh Khan. Pria ini mentereng sejak muncul di ranah Bollywood. Tak hanya Pria tampan ini, masih banyak juga beberapa artis asal India yang rupanya tenar di kancah dunia hiburan Bollywood. Tetapi tahukah Anda kemunculan pertama mereka dan perjuangannya untuk dilirik orang? Simak liputan yang dirangkum Wonderwoman.in berikut ini.
1. Shahrukh Khan
Shahrukh Khan (Ian Gavan/Getty Images)
Sudah tak asing lagi dengan nama Shahrukh Khan bukan? Anda tentu sering sekali melihatnya saat ini di layar kaca, Shahrukh Khan memainkan banyak film-film yang menjadi hits di luar negeri seperti Kuch Kuch Hotta Hai, My Name is Khan, Chennai Express, dan masih banyak lagi.
Namun Khan bermain dalam sebuah film seri di televisi berjudul Dil Darya. Ia juga sempat muncul di Fauji. Khan bermain peran sebagai Commando Abhimanyu Rai. Sejak saat itu, Shahrukh memperoleh perhatian publik.
Film pertama Shahrukh Khan adalah Deewana. Karena film itu, suami Gauri Khan tersebut mendapat penghargaan, Filmfare Best Male Debut.

2. Vidya Balan
Vidya Balan (Venturelli/WireImage)
Vidya Balan memulai aktingnya dengan judul film besar seperti Hum Paanch. Ia juga menerima tawaran klip video bersama Euphoria dan Subha Mudgal. Debut filmnya adalah Parineeta. Namun pada film bertajuk Dirty Picture, Balan tampil erotis.

3. Prachi Desai
Prachi Desai (Chirag Wakaskar/WireImage)
Desai pertama kali muncul di serial hits bertajuk Kasamh Se, perannya sebagai Bani, seorang istri dengan gaya hidup glamor. Wanita seksi ini meraih penghargaan reality show Jhalak Dikhla Ja Season 2. Desai juga bermain dalam film Rock On.

4. Pulkit Samrat 
Pulkit Samrat (IANS)
Pria tampan Pulkit Samrat terlihat pertama kali di serial terkenal Kyunki Saas Bhi Kabhi Bahu Thi. Meskipun syutingnya sempat tak berlanjut karena masalah kesehatan, Samrat tetap memenangkan penghargaan seperti Best Fresh Face and Favourite Naya Sadasya. Debut Bollywoodnya yaitu Bitto Boss, namun ia dinilai tak begitu bagus. Tak menyerah Samrat mencoba film keduanya, Fukrey dan ternyata lewat penampilannya ini, namanya naik daun.

5. Hansika Motwani 
Hansika Motwani (MovieTalkies)
Hansika Motwani selalu diingat dari serial anak-anak yang terkenal bertajuk Shaka Laka Boom Boom, Son Pari, dan Hum Do Hain Na. Namun wanita berambut panjang ini kembali bermain dalam Hawa, Koi Mil Gaya, dan Aap KaSuroor. Namanya tersohor di hampir seluruh bagian Selatan India.

6. Ayushman Khurana
Ayushman Khurana (IANS)
Pria ini adalah pemenang MTV Roadies. Dia awalnya seorang DJ atau Disc Jockey di BIG FM dan sering membawakan acara seperti Main Tera Ayushmann. Dengan MTV, Khurana bahkan juga membawakan acara seperti Pepsi MTV Wassup dan The Voice of Youngistaan. Khurana juga menjadi host India's Got Talent. Debut film pertamanya adalah Vicky Donor.

7. Ram Kapoor
Ram Kapoor
Ram Kapoor muncul memperlihatkan batang hidungnya di dunia perfilman lewat serial televisi Nyay pada 1997. Tetapi popularitasnya didapat dari perannya sebagai Jay Walia di Kasamh Se dan sebagai Mr. Ram Kapoor dalam Bade Ache Lagte Hain. Ram juga muncul dalam film seperti 50 Day War-Kargil, Monsoon Wedding, Student of the Year, Mere Dad ki Maruti dan Humshakals.

8. Aditya Roy Kapur
Aditya Roy Kapur (IANS)
Roy Kapur memulai kariernya sebagai seorang VJ untuk Channel V di India, semenjak itu wajahnya yang tampak membuatnya makin terkenal. Pada 2009, Roy Kapur membuat debut film dalam London Dreams. Namun ia juga sempat tampil dalam film-film seperti Action Replayy, Guzaarish, Aashiqui 2, dan Yeh Jawani Hai Deewani.

9. Rajeev Khandelwal
Rajeev Khandelwal (IANS)
Khandelwal berakting dalam banyak serial televisi seperti Kya Hadsaa Kya Haqeeqat, Kahiin Toh Hoga, CID, Left Right Left. Khandelwal juga memandu acara yang sempat menjadi kontroversi di antara masyarakat lewat acara Sach ka Saamna namun ia akhirnya mengawali debutnya dengan Aamir Khan, tetapi film Khandelwal yang terkenal adalah Shaitam dan Table No.21.

10. Sushant Singh Rajput
Sushant Singh Rajput (IANS)
Si tampan berkumis ini mengawali kariernya dengan bermain serial televisi bertajuk Kis Desh Mei Hai Mera Dil. Tetapi Rajput lebih terkenal karena perannya dalam Pavitra Rishta meskipun judul ini bukanlah film perdananya. Kai Po Che adalah debut awalnya yang juga menjadi salah satu hit Rajput.


Sumber : Yahoo

Selasa, 16 September 2014

Para Atlet yang Pernah Dipenjara

http://static.guim.co.uk/sys-images/Guardian/Pix/pictures/2013/3/28/1364498861464/Oscar-Pistorius-008.jpg
Oscar Pistorius, atlet paralimpik asal Afrika Selatan, dinyatakan bersalah karena tak sengaja menembak pacarnya hingga tewas. Bila kelak keputusan itu sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, Pistorius akan menambah daftar para olahragawan yang harus mendekam di penjara.

Salah satu atlet terhukum yang paling terkenal adalah OJ Simpson yang didakwa membunuh istrinya. Ia dinyatakan tidak bersalah atas tuduhan itu, tapi beberapa tahun kemudian dia dipenjara atas perbuatan lainnya. Ini dia daftar atlet yang harus dipenjara tersebut.

Sports stars behind bars
Duncan Ferguson, pesepak bola Skotlandia
Hukuman: 3 months
Kejadian: 1994
Kasusnya: Duncan dihukum karena menanduk lawannya, Jon McStay

Sports stars behind bars 
Uli Hoeness, mantan chairman Bayern Muenchen
Hukuman 3,5 tahun
Waktu 2014 - ?
Kejahatan Uli dipenjara karena ngemplang pajak sebesar 27,2 juta euro dari keuntungan yang ia dapat

Sports stars behind bars
Jayson Williams, pebasket New Jersey Nets
Hukuman 18 bulan
Waktu 2010
Kejahatan Jayson secara tak sengaja menembak sopir limosinnya hingga tewas saat sedang memamerkan senjata apinya ke seorang teman. Jayson dipenjara di Rikers Island.

Sports stars behind bars
Floyd Mayweather Jr, petinju
Hukuman 60 hari
Waktu 2012
Kejahatan Floyd didakwa melakukan KDRT

Sports stars behind bars
Marion Jones, pelari
Hukuman 18 months
Waktu 2008
Kejahatan Marion dipenjara karena terbukti mengonsumsi zat ilegal setelah berkompetisi.

Sports stars behind bars
O.J. Simpson, pemain American football
Hukuman 9 tahun
Waktu 2008 - ?
Kejahatan O.J dinyatakan tidak bersalah atas tuduhan membunuh istrinya, tapi beberapa tahun kemudian dia dihukum untuk kehatan lain. Dia saat ini masih dipenjara dan bisa bebas bersyarat tahun 2107.

Sports stars behind bars
Michael Vick, pemain American football
Hukuman 23 bulan
Waktu 2008 - 2009
Kejahatan Vick terlibat dalam adu anjing.

Sports stars behind bars
Rae Carruth, pemain American football
Hukuman 18-23 tahun
Waktu
2000 - ?
Kejahatan Rae dihukum seumur hidup karena menyewa pembunuh bayaran untuk menghabisi pacarnya yang tengah hamil.

Sports stars behind bars
Lee Hughes, pemain sepak bola Skotlandia
Hukuman 3 tahun
Waktu 2004 - 2007
Kejahatan Lee menewaskan seorang pria muda dalam aksi tabrak lari. Selesai menjalani penjara, Lee kembali aktif bermain sepak bola.

Sports stars behind bars
Ched Evans, pesepak bola
Hukuman 5 tahun
Waktu 2012 - ?
Kejahatan Ched masih menjalani hukuman penjara atas perbuatannya memperkosa seorang cewek yang mabuk dalam sebuah pesta.


Sumber : Yahoo

Sabtu, 13 September 2014

Reaksi-Reaksi Kimia yang Menakjubkan

Siapa bilang Kimia itu membosankan?! Justru ilmu kimia itu menakjubkan. Dan seperti yang dikutip dari Alam Mengembang Jadi Guru, dibawah ini disajikan beberapa demonstrasi kimia yang menarik dalam bentuk gif, dan semoga membuat anda menjadi terpacu untuk mempelajari ilmu kimia ….

1. Sendok Yang Hilang

Kita lihat pada gambar animasi diatas, sebuah sendok logam yang digunakan untuk mengaduk air, tiba-tiba kehilangan bentuknya. Apakah air tersebut adalah larutan asam?
Sama sekali Bukan! Air diatas adalah air hangat biasa, namun sendoknya lah yang bukan sendok logam biasa. Sendok diatas dibuat dari unsur logam bernama Gallium. Gallium adalah unsur logam yang titik leburnya hanya 29 derajat Celcius. Dan logam ini bila kita genggam cukup lama dengan tangan, dia akan mencair.

Bahkan jika kita letakkan Gallium cair ke kaleng minuman yang terbuat dari aluminium, maka setelah setengah jam lebih struktur aluminium kaleng akan rusak dan membuatnya mudah kita sobek dengan tangan, seperti merobek sebuah tisu basah, seperti animasi dibawah ini:



2. Hot Ice (Es Panas)

Dalam animasi diatas, kita lihat sepotong es batu dicelupkan kedalam segelas air, dan tiba-tiba air tersebut langsung membeku! Mengapa demikian?
Es batu tersebut memang es biasa, namun cairan di dalam gelas, bukanlah air biasa, tetapi adalah Sodium Asetat. Sodium Asetat memiliki sifat Supercooling, yang berarti sodium asetat tetap berada dalam bentuk cair meskipun telah didinginkan dibawah titik bekunya.
Kristalisasi atau perubahan bentuk cair menjadi padat akan cepat terjadi jika sodium asetat ini kita ganggu dengan hanya menyentuh permukaannya dengan jari, sendok dll. Atau dengan menuangkannya. Jadi pemberian es pada animasi diatas hanya sebuah upaya untuk mengecoh orang yang melihatnya.

Kristalisasi adalah contoh dari proses eksotermik. Panas dilepaskan saat ‘es’ terbentuk, itulah makanya sodium asetat juga disebut ‘Es Panas’. Untuk mendemonstrasikan supercooling, kristalisasi, dan pelepasan panas, kita bisa melakukan:
Sentuh atau jatuhkan sesuatu ke dalam wadah larutan sodium asetat yang telah didinginkan. Sodium asetat akan mengkristal dalam hitungan detik, pengkristalannya berawal dari titik di mana kita menyentuhnya. Kristal bertindak sebagai situs nukleasi atau benih untuk pertumbuhan kristal yang cepat. Meskipun larutan baru saja keluar dari mesin pendingin, jika kita menyentuh wadahnya, maka akan terasa hangat atau panas.
Tuangkan larutan ke sebuah piring kecil. Jika es panas tidak spontan mulai kristalisasi, Anda dapat menyentuhnya dengan kristal natrium asetat (bisa didapat dengan mengikis sejumlah kecil natrium asetat dari sisi wadah yang digunakan sebelumnya). Kristalisasi akan berarah ke arah mana Anda menuangkan cairan. Anda dapat membangun menara es panas. Menara akan hangat saat disentuh . Anda dapat mencairkan kembali dan menggunakannya kembali untuk demonstrasi.

3. Nitrogen triiodide

Nitrogen triiodida adalah senyawa anorganik dengan rumus NI3. Ini adalah peledak kontak yang sangat sensitif: sejumlah kecil saja dari zat ini akan meledak dengan keras, ketika disentuh bahkan oleh sentuhan ringan seperti bulu, melepaskan awan ungu uap yodium. Nitrogen triiodida bahkan dapat diledakkan oleh radiasi sinar alpha. NI3 memiliki struktur kimia yang kompleks yang sulit untuk dipelajar karena ketidakstabilan derivatif.

Nitrogen triiodida sangat berbahaya sehingga orang yang mendemonstrasikannya dalam gambar diatas memakai pelindung dan dari jarak yang dirasa aman. Dont Try This at Home

4. Pasta Gigi Gajah

Ambil silinder besar (500 ml) dan tempatkan sekitar 50 mL larutan hidrogen peroksida 30% kedalamnya. Tambahkan sabun cuci piring cair. Kemudian tambahkan satu sendok teh bubuk kalium iodida dan menauhlah. Reaksinya:
2 H2O2(aq) O2 (aq) + 2 H2O (aq)
Sebuah busa gelembung oksigen dan sabun akan naik dengan cepat dari dalam silinder dan keluar keatas, seperti pasta gigi yang keluar dari tabungnya. Jika kita memberikan sedikit pewarna makanan dibawah sisi silinder sebelum kita menambahkan iodida, busa yang keluar dari tabung akan bergaris seperti pasta gigi.
Anda mungkin bertanya-tanya mengapa tidak ada iodida dalam reaksi di atas. Iodida bertindak sebagai katalis – yaitu, mempercepat reaksi tanpa diproduksi atau dikonsumsi dalam reaksi. Mangan dioksida juga dapat digunakan sebagai katalis .
Demonstrasi ini berpotensi berbahaya. Pakai sarung tangan dan kacamata. Larutan hidrogen peroksida 30 %, dapat menyebabkan luka bakar yang serius dan kerusakan pada mata. Juga dapat memutihkan rambut dan pakaian . Jika Anda menambahkan terlalu banyak iodida, peroksida akan menyemprot dengan sangat keras dari bagian atas tabung – dan akan mengenai anda dan seluruh ruangan.

5. Polimerisasi Nitroaniline

Pada animasi diatas, sekitar 1/2 sendok teh p-nitroanline (yang merupakan kependekan dari para-nitroaniline, yang juga disebut 4-nitroaniline) diperlakukan dengan beberapa tetes asam sulfat pekat, dalam sebuah piring keramik, yang dipanaskan diatas tungku (Bunsen). Sekitar 50 detik kemudian, sebuah reaksi yang bisa digambarkan sebagai “ledakan polimerisasi” terjadi.

6. Pemadam Api yang Cepat

Carbon tetrachloride atau CCl4 dapat cepat memadamkan api dengan menggunakan semua oksigen yang tersedia (karena ia membutuhkan oksigen untuk reaksi sendiri, sehingga mencegah api dari mencapai oksigen pada tingkat molekuler). Ini bukan teknologi baru.  CCl4 secara umum digunakan untuk memadamkan api di paruh pertama abad ke-20, namun sekarang tidak digunakan lagi karena mereka sangat berbahaya.
Setelah diketahui bahwa suhu tinggi menyebabkan ia bereaksi untuk menghasilkan fosgen membuatnya sangat berbahaya bila digunakan terhadap kebakaran. Reaksi ini juga menyebabkan menipisnya oksigen. Carbon tetrachloride bertahan sebagai pestisida untuk membunuh serangga hingga pada tahun 1970, zat ini dilarang di Amerika Serikat.
Sebelum Protokol Montreal, sejumlah besar karbon tetraklorida digunakan untuk menghasilkan refrigeran freon R-11 (triklorofluorometana) dan R-12 (dichlorodifluoromethane). Namun, refrigeran ini memainkan peran dalam penipisan ozon dan telah dihapus. Carbon tetrachloride masih digunakan untuk memproduksi refrigeran kurang destruktif. Carbon tetrachloride juga telah digunakan dalam deteksi neutrino.
Carbon tetrachloride adalah salah satu hepatotoxins paling ampuh (beracun ke hati), dan secara luas digunakan dalam penelitian ilmiah untuk mengevaluasi agen hepatoprotektif.


Sumber : Terselubung

7 Olahraga Asli Indonesia

Penulis: Qidsy Cikal Renjana
Sebagai negara dengan beragam suku, Indonesia memiliki ribuan kebudayaan dan tradisi. Bukan soal cara berpakaian, bahasa, makanan, atau tata cara kehidupan sehari-hari saja, beberapa daerah di nusantara pun memiliki olahraga khas. Dan kebanyakan kegiatan olahtubuh itu telah ada sejak zaman nenek moyang. Berdasarkan penelusuran Plasadana.com untuk Yahoo Indonesia, setidaknya ada tujuh olahraga asli Indonesia:

1. Sepak takraw
http://www.gilasport.com/wp-content/uploads/2014/02/sepak-takraw.jpg
Sepak takraw merupakan olahraga yang konon berasal dari zaman Kesultanan Malaka 1402-1511. Sepak takraw memiliki nama lain, sepak raga. Dalam permainan, ada dua tim yang saling berhadapan. Masing-masing kelompok terdiri dari tiga orang. Dan mereka tak boleh menyentuh bola dengan tangan, hanya menggunakan kaki.

Kini, sepak takraw telah memilki asosiasi internasional bernama ISTAF dan terdaftar dalam kategori pertandingan SEA Games serta Asian Games. Lapangan sepak takraw sendiri berukuran dua kali lapangan bulutangkis. Dengan pembatas kedua tim mirip net pada badminton. Yang spesial, olahraga ini menggunakan bola khusus dari rotan.

2. Karapan sapi
http://www.onvsoff.com/wp-content/uploads/2014/05/karapan-sapi.jpg
Karapan sapi adalah olahraga pacuan dari Madura. Dalam olahraga ini, sepasang sapi menarik semacam kereta dari kayu atau bambu. Dalam trek sekitar seratus meter, beberapa penunggang kereta kayu menghela sapi untuk berpacu. Sapi yang melesat lebih cepat akan mendapatkan trofi juara. Biasanya, pacuan ini berlangsung sekitar sepuluh detik sampai sepuluh menit saja.

Syeh Ahmad Baidawi, adalah pencipta karapan sapi. Dulu, olahraga ini bertujuan untuk memperoleh sapi-sapi yang kuat guna membajak sawah. Ia juga memperkenalkan cara bercocok tanam dengan menggunakan sepasang bambu, disebut nanggala atau salaga, yang ditarik dua ekor sapi. Belakangan bambu tersebut jadi kemudi joki memacu sapi.

3. Pencak silat
http://www.ilhams4.com/wp-content/uploads/2014/03/Pencak-Silat-Salah-Satu-Indentitas-Minangkabau.jpg
Pencak silat merupakan seni beladiri warisan leluhur bangsa Indonesia. Dulu, pencak silat menjadi alat pertahanan diri guna mengikuti gerakan berbagai hewan. Dan pencak silat memiliki berbagai aliran, tergantung daerahnya.

Pada 1948, muncul istilah pencak silat untuk menyatukan beragam aliran beladiri tradisional yang berkembang di Indonesia. Nama pencak berasal dari bahasa Jawa, sedangkan silat dari Sumatera dan Kalimantan.

4. Pacu jalur
http://4.bp.blogspot.com/_d9QTyyVjMnA/TF7RUsLlzaI/AAAAAAAAASA/3_07VKfARy4/s1600/pacu+jalur2.jpg
Pacu jalur adalah jenis olahraga perahu dayung tradisional yang berasal dari Riau. Lomba ini diselenggarakan di Sungai Batang Kuantan. Kata jalur berarti perahu. Dan dalam pacu jalur, panjang perahu yang digunakan sekitar 25-40 meter dengan awak 40-60 orang. Sejak 1970, perlombaan ini rutin dilakukan setiap tahun, biasanya sebelum tanggal 17 Agustus.

Dulu, sekitar awal abad ke-17, jalur atau perahu merupakan alat transportasi utama di sepanjang Sungai Batang Kuantan. Sebab kala itu transportasi darat belum berkembang. Masyarakat Riau menggunakan jalur sebagai alat angkut hasil bumi, seperti pisang dan tebu, serta berfungsi untuk mengangkut sekitar 40 orang.

5. Zawo-zawo
http://4.bp.blogspot.com/-soZ4bnyStK0/U22irhzlXRI/AAAAAAAAAjI/9aHrk2y27kk/s1600/Cyber+Kazuya_Zawo-zawo+Olahraga+asli+indonesia.jpg
Zawo-zawo adalah sejenis olahraga atletik, asal Nias, Sumatera Utara. Dalam olahraga ini, para pemain melompati susunan batu atau hompo batu yang berbentuk trapesium, setinggi dua meter. Pada masa lalu, ketangkasan melompati batu ini merupakan prasyarat seorang pemuda untuk memasuki jenjang pernikahan. Zawo-zawo masih bertahan hingga kini dan bisa ditemukan di desa-desa Kabupaten Nias Selatan.

6. Pathol
http://3.bp.blogspot.com/-RfJkDKShsvk/Tb9_Y9i27kI/AAAAAAAAAEY/4r90KHNXvZc/s1600/4KLAP%2BREM-H19.jpg
Pathol adalah olahraga gulat tradisional yang berasal dari Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Konon permainan pathol telah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Dulu, pathol merupakan acara sayembara untuk mencari kesatria terbaik yang bisa menjaga Pelabuhan Tuban, sarang perompak dan penjahat. Pathol juga berarti seseorang yang jago dan tak terkalahkan.

Gulat pathol hanya tergelar di pesisir pantai menjelang purnama atau pada hari khusus, misalnya upacara sedekah laut. Dalam bermain pathol, kedua petarung memakai sebuah selendang selayaknya sabuk pada pinggang. Selendang itu berguna untuk menyerang hingga salah satu petarung jatuh tersungkur. Dan olahraga ini ada dalam pengawasan wasit.

7. Langga
http://3.bp.blogspot.com/-ISzkZhiPsjQ/T65xfQHUYaI/AAAAAAAAABM/fAX2y4STPvI/s1600/LANGGA-FARID+MONOARFA+copy.jpg
Langga merupakan seni beladiri dari Gorontalo Utara. Konon pencipta olahraga ini adalah pejuang bernama Ju Panggola. Ia juga terkenal sebagai ulama yang menyebarkan agama Islam di Gorontalo.

Secara garis besar, seni beladiri ini tidak bertujuan untuk membunuh. Melainkan guna menjaga diri dan melumpuhkan lawan. Kata langga sendiri bermakna langkah atau gerak untuk menangkis serangan.


Sumber : Yahoo