Senin, 04 Agustus 2014

John Venn Penemu Diagram Venn di Logo Google

http://3d-car-shows.com/wp-content/uploads/2014/08/john-venn.jpg

John Venn matematikawan penemu Diagram Venn dirayakan hari kelahirannya dalam Google Doodlehari ini. tanggal 4 Agustus 2014 Untuk memperingati ulang tahun ke-189 John Venn, Google menghadirkan animasi atraktif yang menjelaskan konsep relasi antar himpunan yang diperkenalkan pria kelahiran 4 Agustus 1834 tersebut.

Ketika kita menjelajahi Google hari ini, ada yang tidak biasa. Jika Anda mengklik salah satu saja dari huruf ‘Google’ maka akan muncul animasi baru berupa dua lingkaran besar; yang di sampingnya terdapat beberapa item.

Pilihlah salah satu item tersebut, misalnya gambar mobil. Maka, Anda akan dibimbing masuk ke dalam lingkaran besar yang berisi topik seputar transportasi. Langkah berikutnya adalah memilih item lain yang muncul di sebelah lingkaran besar kedua. Misalnya gambar burung, yang akan membawa Anda masuk ke dalam lingkaran besar dengan topik ‘benda-benda yang memiliki sayap’.

Nantinya, dua lingkaran tersebut akan saling menyatu. Terdapat bagian dari lingkaran besar pertama yang melekat dengan lingkaran besar kedua; dan di dalamnya muncul item ‘pesawat terbang’.

Familier dengan pola ini? Iya, inilah Diagram Venn yang memudahkan seseorang untuk memahami hubungan sederhana dari berbagai topik umum, entah itu di bidang logika, statistik, linguistik, dan sebagainya.
Total terdapat lima item di sisi kanan dan lima item pula di sisi kiri yang bisa kita mainkan untuk mengetahui, apa saja relasi antara keduanya. Dengan belajar Diagram Venn yang aplikatif seperti ini, kita mungkin akan menyadari seberapa menariknya ilmu matematika.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/03/John_Venn.jpg
John Venn yang dilahirkan di Kingston upon Hill, Yorkshire, Inggris sempat mengalami hari-hari buruk kala sang ibu meninggal di saat ia masih berusia tiga tahun. Namun, hal itu justru membuat Venn menjalani kehidupan yang gemilang.

Berbagai karya di bidang matematika, logika, dan filosofi telah disumbangkan Venn sepanjang hidupnya hingga meninggal di usia 88 tahun pada 4 April 1923. Diagram Venn yang kita nikmati di Google Doodle hari ini adalah buah karyanya yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari.


Sumber : Sidomi

3 komentar: