Google+ Followers

Rabu, 30 November 2011

Sejarah Penting Dibalik Penemuan Kacamata

http://www.couponsaver.org/blog_images/glassesshop-coupons-for-the-best-eyeglasses-at-the-lowest-prices-17.jpg
Kacamata merupakan salah satu penemuan terpenting dalam sejarah kehidupan umat manusia. Setiap peradaban mengklaim sebagai penemu kacamata. Akibatnya, asal-usul kacamata pun cenderung tak jelas dari mana dan kapan ditemukan.

Lutfallah Gari, seorang peneliti sejarah sains dan teknologi Islam dari Arab Saudi mencoba menelusuri rahasia penemuan kacamata secara mendalam. Ia mencoba membedah sejumlah sumber asli dan meneliti literatur tambahan.

Investigasi yang dilakukannya itu membuahkan sebuah titik terang. Ia menemukan fakta bahwa peradaban Muslim di era keemasan memiliki peran penting dalam menemukan alat bantu baca dan lihat itu.

Lewat tulisannya bertajuk The Invention of Spectacles between the East and the West, Lutfallah mengungkapkan, peradaban Barat kerap mengklaim sebegai penemu kacamata. Padahal, jauh sebelum masyarakat Barat mengenal kacamata, peradaban Islam telah menemukannya. Menurut dia, dunia Barat telah membuat sejarah penemuan kacamata yang kenyataannya hanyalah sebuah mitos dan kebohongan belaka.

”Mereka sengaja membuat sejarah bahwa kacamata itu muncul saat Etnosentrisme,” papar Lutfallah.

Menurut dia, sebelum peradaban manusia mengenal kacamata, para ilmuwan tdari berbagai peradaban telah menemukan lensa. Hal itu dibuktikan dengan ditemukannya kaca.

http://www.thesciencefair.com/Merchant2/graphics/00000001/LensConcave_M.jpg
Lensa juga dikenal pada beberapa peradaban seperti Romawi, Yunani, Hellenistik dan Islam. Berdasarkan bukti yang ada, lensa-lensa pada saat itu tidak digunakan untuk magnification (perbesaran), tapi untuk pembakaran. Caranya dengan memusatkan cahaya matahari pada fokus lensa/titik api lensa.

Oleh karena itu, mereka menyebutnya dengan nama umum “pembakaran kaca/burning mirrors”. ”Hal ini juga tercantum dalam beberapa literatur yang dikarang sarjana Muslim pada era peradaban Islam,” tutur Lutfallah. Menurut dia, fisikawan Muslim legendaris, Ibnu al-Haitham (965 M-1039 M), dalam karyanya bertajuk Kitab al-Manazir (tentang optik) telah mempelajarai masalah perbesaran benda dan pembiasan cahaya.

Ibnu al-Haitam mempelajari pembiasan cahaya melewati sebuah permukaan tanpa warna seperti kaca, udara dan air. “Bentuk-bentuk benda yang terlihat tampak menyimpang ketika terus melihat benda tanpa warna”. Ini merupakan bentuk permukaan seharusnya benda tanpa warna,” tutur al-Haitham seperti dikutip Lutfallah.

Inilah salah satu fakta yang menunjukkan betapa ilmuwan Muslim Arab pada abadke-11 itu telah mengenali kekayaan perbesaran gambar melalui permukaan tanpa warna. Namun, al-Haitham belum mengetahui aplikasi yang penting dalam fenomena ini. Buah pikir yang dicetuskan Ibnu al-Haitham itu merupakan hal yang paling pertama dalam bidang lensa.

Paling tidak, peradaban Islam telah mengenal dan menemukan lensa lebih awal tiga ratus tahun dibandingkan Masyarakat Eropa. Menurut Lutfallah, penemuan kacamata dalam peradaban Islam terungkap dalam puisi-puisi karya Ibnu al-Hamdis (1055 M- 1133 M). Dia menulis sebuah syair yang menggambarkan tentang kacamata. Syair itu ditulis sekitar200 tahun, sebelum masyarakat Barat menemukan kacamata. Ibnu al-Hamdis menggambarkan kacamata lewat syairnya antara lain sebagai berikut:

”Benda bening menunjukkan tulisan dalam sebuah buku untuk mata, benda bening seperti air, tapi benda ini merupakan batu. Benda itu meninggalkan bekas kebasahan di pipi, basah seperti sebuah gambar sungai yang terbentuk dari keringatnya,” tutur al-Hamdis.

Al-Hamdis melanjutkan, ”Ini seperti seorang yang manusia yang pintar, yang menerjemahkan sebuah sandi-sandi kamera yang sulit diterjemahkan. Ini juga sebuah pengobatan yang baik bagi orang tua yang lemah penglihatannya, dan orang tua menulis kecil dalam mata mereka.”

Syair al-Hamids itu telah mematahkan klaim peradaban Barat sebagai penemu kacamata pertama.

Pada puisi ketiga, penyair Muslim legendaris itu mengatakan, “Benda ini tembus cahaya (kaca) untuk mata dan menunjukkan tulisan dalam buku, tapi ini batang tubuhnya terbuat dari batu (rock)”.

Selanjutnya dalam dua puisi, al-Hamids menyebutkan bahwa kacamata merupakan alat pengobatan yang terbaik bagi orang tua yang menderita cacat/memiliki penglihatan yang lemah. Dengan menggunakan kacamata, papar al-Hamdis, seseorang akan melihat garis pembesaran.

Dalam puisi keempatnya, al-Hamdis mencoba menjelaskan dan menggambarkan kacamata sebagai berikut: “Ini akan meninggalkan tanda di pipi, seperti sebuah sungai”. Menurut penelitian Lutfallah, penggunaan kacamata mulai meluas di dunia Islam pada abad ke-13 M. Fakta itu terungkap dalam lukisan, buku sejarah, kaligrafi dan syair.

Dalam salah satu syairnya, Ahmad al-Attar al-Masri telah menyebutkan kacamata. “Usia ua datang setelah muda, saya pernah mempunyai penglihatan yang kuat, dan sekarang mata saya terbuat dari kaca.” Sementara itu,sSejarawan al-Sakhawi, mengungkapkan, tentang seorang kaligrafer Sharaf Ibnu Amir al-Mardini (wafat tahun 1447 M). “Dia meninggal pada usia melewati 100 tahun; dia pernah memiliki pikiran sehat dan dia melanjutkan menulis tanpa cermin/kaca. “Sebuah cermin disini rupanya seperti lensa,” papar al-Sakhawi.

Fakta lain yang mampu membuktikan bahwa peradaban Islam telah lebih dulu menemukan kacamata adalah pencapaian dokter Muslim dalam ophtalmologi, ilmu tentang mata. Dalam karanya tentang ophtalmologi, Julius Hirschberg , menyebutkan, dokter spesialis mata Muslim tak menyebutkan kacamata. ”Namun itu tak berarti bahwa peradaban Islam tak mengenal kacamata,” tegas Lutfallah. desy susilawati

Eropa dan Penemuan Kacamata
http://listverse.files.wordpress.com/2007/09/friedrich-herlin-reading-saint-peter-1466.jpg

Roger Bacon
Pada abad ke-13 M, sarjana Inggris, Roger Bacon (1214 M – 1294 M), menulis tentang kaca pembesar dan menjelaskan bagaimana membesarkan benda menggunakan sepotong kaca. “Untuk alasan ini, alat-alat ini sangat bermanfaat untuk orang-orang tua dan orang-orang yang memiliki kelamahan pada penglihatan, alat ini disediakan untuk mereka agar bisa melihat benda yang kecil, jika itu cukup diperbesar,” jelas Roger Bacon.

Beberapa sejarawan ilmu pengetahuan menyebutkan Bacon telah mengadopsi ilmu pengetahuannya dari ilmuwan Muslim, Ibnu al-Haitam. Bacon terpengaruh dengan kitab yang ditulis al-Haitham berjudul Ktab al-Manazir Kitab tentang Optik. Kitab karya al-Haitham itu ternyata telah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin.

Ide pembesaran dengan bentuk kaca telah dicetuskan jauh sebelumnya oleh al-Haitham. Namun, sayangnya dari beberapa bukti yang ada, penggunaan kaca pembesar untuk membaca pertama disebutkan dalam bukunya Bacon.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/b1/Julius_Hirschberg.jpg/220px-Julius_Hirschberg.jpg

Julius Hirschberg
Julius Hirschberg, sejarawan ophthalmologi (ilmu pengobatan mata), menyebutkan dalam bukunya, bahwa perbesaran batu diawali dengan penemuan kaca pembesar dan barulah kacamata tahun 1300 atau abad ke-13 M. “Ibnu al-Haitham hanya melakukan penelitian mengenai pembesaran pada abad ke – 11 M,” cetusnya Hirschberg.

Kacamata pertama disebutkan dalam buku pengobatan di Eropa pada abad ke-14 M. Bernard Gordon, Profesor pengobatan di Universitas Montpellier di selatan Perancis, mengatakan di tahun 1305 M tentang tetes mata (obat mata) sebagai alternatif bagi orang-orang tua yang tidak menggunakan kacamata.

http://www.homeoint.org/morrell/articles/photo/chauliac.jpg

Guy de Chauliac
Tahun 1353 M, Guy de Chauliac menyebutkan jenis obat mata lain untuk menyembuhkan mata, dia mengatakan lebih baik menggunakan kacamata jika obat mata tidak berfungsi.

Selain para ilmuwan di atas, adapula tiga cerita yang berbeda disebutkan oleh sarjana Italia, Redi (wafat tahun 1697). Cerita pertama, disebutkan dalam manuskrip Redi tahun 1299 M. Disebutkan dalam pembukaan bahwa pengarang adalah orang yang sudah tua dan tidak bisa membaca tanpa kacamata, yang ditemukan pada zamannya.

Cerita kedua, juga diceritakan oleh Redi, menunjukkan bahwa kacamata disebutkan dalam sebuah pidato yang jelas tahun 1305 M, dimana pembicara mengatakan bahwa perlatan ini ditemukan tidak lebih cepat dari 20 tahun sebelum pidato tersebut diungkapkan.

Cerita ketiga, menyebutkan bahwa biarawan (the monk) Alexander dari Spina (sebelah timur Itali) belajar bagaimana menggunakan kacamata. Dia wafat tahun 1313 M.

Akhirnya tiga versi cerita berbeda tersebut menyebarluas, karena banyak buku lain yang mengadopsi cerita-cerita yang disebutkan Redi setelah dia wafat. Namun, beberapa sejarahwan ilmu pengetahuan mengatakan bahwa Redi telah membuat cerita bohong dan mereka tidak percaya.

Bahkan, dalam buku Julius Hirschberg, juga disebutkan tentang cerita Redi itu, ditulis antara tahun 1899 dan 1918 di Jerman dan banyak informasi yang sudah tua dan banyak yang diperbaharui. Buku tersebut kemudian diterjemahkan (tanpa revisi) ke dalam bahasa Inggris dan dipublikasikan tahun 1985. Hasilnya, cerita Redi menyebar di Inggris, artikel penelitian itu ditolak kebenaran ceritanya dan ini ditolak Julius Hirschberg.

Beberapa cerita bohong lain juga ditulis oleh seorang jurnalis di pertengahan abad ke 19 M. Dia mengklaim Roger Bacon merupakan penemu kacamata seperti. Bahkan ia juga menyebutkan bahwa biarawan (the Monk) Alexander juga telah diajarkan Roger Bacon bagaimana menggunakan kacamata. Kabar ini tentu saja dengan cepat menyebar.

Kebohongan lain juga terlihat pada sebuah nisan. Seorang pengarang menunjukkan bahwa sebuah nisan di kuburan Nasrani yang berada di gereja, tertulis sebuah kalimat, “disini beristirahat Florence, penemu kacamata, Tuhan mengampuni dosanya, tahun 1317″. Masih banyak cerita atau mitos lainnya tentang penemu dan pembuatan kacamata di Eropa. Semua mengklaim sebagai penemu pertama alat bantu baca dan melihat itu.

Senin, 28 November 2011

10 Kebohongan Besar Yang Merubah Wajah Sejarah


Dalam dunia politik, kebohongan-kebohongan adalah hal yang lumrah, banyak para pelaku berbohong dan menganggap itu adalah sebuah kemakluman yang bisa diterima... Dalam perjalanan sejarah manusia banyak sekali terjadi kebohongan, kebohongan-kebohongan kecil yang menyeret kebohongan besar.. bahkan dalam dalam khotbah dan surat paulus ke roma menyatakan bahwa "Tetapi jika kebenaran Allah oleh dustaku semakin melimpah bagi kemuliaan-Nya, mengapa aku masih dihakimi lagi sebagai orang berdosa??" [Roma 3:7]
Dilema bagi sebuah kebohongan untuk tujuan kebaikan, tapi kami di sini tidak ingin membahas terebut, hanya ingin menampilkan entri tentang 10 kebohongan besar yang sempat menipu banyak manusia sehingga merubah wajah sejarah...

10. Strategi Kuda Troya (Trojan Horse)

Ketika Trojan Paris melarikan diri bersama Helen (istri dari raja Spartan), perang tidak dapat dihindarkan. Hal tersebut terjadi setidaknya selama 10 tahun sampai akhirnya Trojan dikatakan berhasil dikuasai Yunani.

Merupakan hal yang jenius, Yunani membangun sebuah kuda kayu (”Kuda Trojan” yang sangat besar dengan perut berongga sehingga orang dapat bersembunyi. Yunani meyakinkan bahwa itu merupakan penawaran damai sebagai hadiah untuk musuh. “Kuda Trojan” kemudian diterima dengan senang hati dan dibawa pada kota pertahanan musuh. Pada saat malam, tentara Yunani yang sedang bersembunyi di dalam menyelinap pada rumah-rumah. Kemudian, mereka melakukan pembantaian dan menghancurkan Trojan tanpa ragu-ragu.

9. Pemalsuan lukisan Vermeer oleh Han van Meegeren
Pada awal abad ke 20, sedang terjadi perdebatan tentang Vermeer yang telah melukis serial lukisan yang berhubungan dengan injil. Van Meegeren menyambar kesempatan ini dan melakukan pekerjaan dengan hati-hati pada sebuah lukisan yang sedang diperdebatkan yang berjudul “The Disciples at Emmaus.” Dengan melakukan pekerjaan yang detail dan halus, dia memalsukan lukisan tersebut dengan menghilangkan kerusakan-kerusakan dengan teknik old-painting pada masa itu. Dia dengan sengaja memancing adanya kritik dan prasangka miring pada orang yang akan mempercayai bahwa lukisan tersebut dilukis oleh Vermeer sendiri. Dan itu berhasil!


8. Penipuan Bernard Madoff (Skema Ponzi)
Bernard Madoff adalah pengusaha dan mantan kepala dari bursa saham NASDAQ. Ia mulai membangun firma Wall Street, Bernard L. Madoff Investment Securities LLC dan merupakan direkturnya sampai 11 Desember 2008, ketika ia ditahan dan didakwa dalam penipuan sekuritas melalui skema ponzi, yang merugikan perusahaan-perusahaan rekanan sebesar 50 milyar dolar.

Nama Ponzi diambil dari seorang penipu bernama Charles Ponzi yang terkenal dengan penipuannya karena menawarkan investasi berupa transaksi spekulasi perangko AS terhadap perangko asing di era 1919-1920. Pada pertengahan Agustus 1920, audit oleh pemerintah terhadap usaha Ponzi menemukan bahwa Ponzi sudah bangkrut. Total aset yang dimilikinya sekitar US$ 1,6 juta, jauh di bawah nilai utangnya kepada investor.

7. Pemalsuan Identitas Anna Anderson, alias Anastasia
Setelah revolusi Rusia, keberadaan keluarga besar tidak dapat diterima di Bolsheviks. Di tahun 1918 tersebar kabar bahwa anggota keluarga besar tsb masih selamat. Berselang 2 tahun kemudian muncul sosok Anna Anderson men-klaim bahwa ia adalah Anastasia, putri bungsu dari keluarga besar Rusia. Baru akhirnya di tahun 1927 ia mengakui bahwa nama aslinya adalah Franziska Schanzkowska dan bukan Anastasia .

Di tahun 2009 barulah para ilmuwan menyatakan bahwa tidak ada satu anggota keluarga besar Rusia pun yg selamat dari eksekusi di Bolsheviks.

6. Sumpah Palsu Titus Oates (Rencana Pembunuhan Charles II)
Helvetica, FreeSans, sans-serif; Peristiwa besar pada tahun 1678, yaitu apa yang dinamakan “Persengkokolan Paus” untuk membunuh Charles II sehingga saudaranya yang beragama Katolik James, Duke of York, dapat memerintah di tempatnya. Tanggal 6 September 1678, Titus Oates, seorang mantan pemeluk baru faham Katolik dan seorang mantan Jesuit, pergi kepada hakim, Sir Edmund Berry Godfrey, untuk memberitahukan kepadanya tentang persengkongkolan itu. Godfrey ditemukan mati, tidak lama kemudian. Hal ini hanya menghasilkan emosi pada Katolik yang diduga melakukan balas dendam. Pada pengadilan, Oates memberikan bukti, akan tetapi gagal, dan mulai saat itu ia mulai kehilangan kredibilitas. Oates pada akhirnya dipersalahkan karena sumpah palsu



5. Kebohongan Manusia Piltdown
Charles Darwin merupakan aktor di balik layar dari penipuan ini. Menggunakan teori yg asal-asalan tentang evolusi , ia berhasil membentuk sekumpulan pengikutnya untuk meneruskan kebohongan teori bahwa manusia berevolusi dari spesies kera. Dr.Alvan T. Marston melakukan analisa kepada fosil manusia piltdown yg diajukan oleh pengikut Darwin untuk diteliti, hasilnya sangat mencengangkan. Fosil tsb bukan fosil manusia purba, akan tetapi fosil buatan yg ada bagian yg sudah dimodifikasi dari potongan rahang kera, dsb


4. Kontroversi Peristiwa Dreyfus

Peristiwa Dreyfus adalah skandal politik Perancis terburuk. Kapten Alfred Dreyfus (1859-1935), kapten Yahudi Perancis dihukum karena dituduh berkhianat memberi rahasia militer Perancis kepada Jerman dan lalu dibuang ke Pulau Setan (1894). Pada 1897, saudara lelakinya meneliti dan menemukan bahwa tulisan yang mirip tulisan Dreyfus ialah tulisan Mayor Ferdinand Walsin Esterhazy. Bukti yang lebih jauh dituduhkan padanya sebagai membuka rahasia militer lebih jauh dan memalsukan bukti (Januari 1898). Hukuman buat Dreyfus menimbulkan antisemitisme, walau bukti terhadap tuduhannya dipalsukan, angkatan perang enggan mengakuinya. Setelah timbul minat umum terhadap perkara itu, diketahui Gereja Katolik Roma menyokong penghukuman itu.

3. Perselingkuhan Clinton/Lewinsky
Reputasi Bill Clinton yang cemerlang akhirnya jatuh juga oleh perempuan. Semua pasti ingat kasus menghebohkan itu yang nyaris membuat Clinton tumbang dari kursi Kepresidenan. Pada tahun 1995, Monica Lewinsky, lulusan dari Lewis & Clark College, dipekerjakan untuk bekerja sebagai magang di Gedung Putih pada masa jabatan pertama Clinton, dan memulai hubungan pribadi dengan dia tahun itu. Hubungan itu terus berlanjut sampat Lewinsky pindah bekerja di Pentagon. Kasus ini terbongkar karena curhatnya pada teman kerjanya di Pentagon, Linda Tripp, yang diam-diam ternyata merekam percakapan telpon mereka. Tripp menyerahkan bukti kaset rekaman itu pada Kenneth Starr, Independent Counsel yangs edang menyelidiki sejumlah kasus yang melibatkan Clinton, termasuk skandal Whitewater, Filegate, dan Travelgate.

2. Skandal Watergate
30 Juli tahun 1974, atas paksaan dari Pengadilan Tinggi AS, Presiden AS saat itu, Richard Nixon, menyerahkan kaset rekaman skandal Watergate. Skandal Watergate terjadi pada tanggal 17 Juni 1972, ketika lima orang anggota tim pemenangan pemilu Nixon ditangkap atas tuduhan memasang penyadap suara di markas Partai Demokrat yang terletak di kompleks Watergate, Washington. Namun demikian, pemerintahan Nixon yang berasal dari Partai Republik menyangkal keterlibatan mereka dalam kasus ini. Senat AS kemudian mengadakan penyelidikan atas kasus ini dan terbukti bahwa penyadapan itu dilakukan dengan sepengetahuan Gedung Putih.

1. The Big Lie: Nazi Propaganda
Nazi yang sangat membenci yahudi memutuskan untuk memusnahkan yahudi dari bumi. Untu mewujudkan hal ini, Adolf Hittler dan Mentri Propaganda-nya, Joseph Goebbels, meluncurkan kampanye untuk meyakinkan warga Jerman agar memusuhi yahudi
Para Katolik adalah para tuannya Nazi Jerman yang melaksanakan prinsip-prinsip kepausan. Gereja Roma merasa berhak untuk memusnahkan siapa saja, baik dengan cara lambat atau cepat, yang menghalanginya, yaitu orang-orang liberal dan kaum Yahudi, dikirim ke Auschwitz, Dochau, Belsen, Buchenwald dan kamp-kamp kematian lainnya.
Nazi mengisukan kebohongan-kebohongan yang menyatakan bahwa yahudi merupakan sumber dari seluruh kegagalan Jerman pada masa itu. Teori Nazi saat itu “”No Matter How Big The Lie is, People Will Believe It If U Repeat It Enough.re">

10 Superhero di Dunia Nyata

Superhero biasanya memiliki kemampuan khusus entah itu kekuatan fisik, psikis ataupun kecepatan gerak, yang kita tahu biasanya superhero itu ada di dalam film dan komik, tetapi sebenarnya ada juga superhero yang hidup di dunia nyata, seperti Ben Underwood yang merupakan daredevil di dunia nyata, yang bisa melihat hanya dengan mendengarkan echo dan suara resonansi seperti seekor lumba lumba, ingin tahu kisah lengkap mengenai superhero di dunia nyata??

1. Melihat tanpa Mata - Daredevil
http://2.bp.blogspot.com/_6I27LgG9bck/SdBVTduygxI/AAAAAAAAJE0/Y73r6uQps0Q/s400/daredevil-2.jpg
Ben Underwood telah membiasakan dirinya untuk mendengarkan lokasi echo untuk memudahkannya berjalan dan melihat, dia buta, kedua matanya menjadi buta akibat kanker, dia telah menjadi buta sejak usia 3 tahun, tetapi dia bisa melakukan sesuatu yang luar biasa, dia adalah daredevil di dunia nyata, dia bisa melihat dunia melalui suara

2. Manusia Kebal Dingin - Iceman
http://2.bp.blogspot.com/_6I27LgG9bck/SdBVeZyqTfI/AAAAAAAAJE8/SwDR9v5cdMQ/s400/iceman-4.jpg
Seorang pria asal belanda Wim hof juga dikenal sebagai iceman, dia bisa berenang di air es dan berdiri di dalam bak yang berisi es, dia juga memanjat Mt. Blanc yang amat sangat dingin hanya dengan bercelana pendek, dia memecahkan rekor dunia dan selalu tertantang untuk membuat rekor selanjutnya..
Para Ilmuwan tidak bisa menjelaskan fenomena yang terjadi kepada pria ini, tetapi pria berusia 48 tahun ini mampu untuk bertahan pada temperatur yang sebenarnya fatal untuk keselamatan orang normal

3. Anak dengan Otak Ultra Cepat
http://1.bp.blogspot.com/_6I27LgG9bck/SdBV6w4b5LI/AAAAAAAAJFI/DwD4NJxLKb4/s400/fast-brain-boy.jpg
Daniel Tammet adalah seorang sarjana autis, dia dapat menghitung kalkulasi secara matematika dengan kecepatan yang luar biasa, tammet dapat mendeskripsikan bagaimana dia melakukannya di otaknya, dia mengatakan setiap angka sampai 10.000 mempunyai bentuk dan feel tersendiri yang memungkinkannya bisa "melihat" hasil dari kalkulasi sebagai suatu gambaran. dia telah menjelaskan gambaran visualnya tentang angka 289 sebagai angka jelek, dan 333 sebagai angka yang atraktif dan pi sebagai angka cantik.
Dia juga mempunyai kemampuan linguistik, dia mampu untuk mempelajari bahasa baru dengan amat sangat cepat, untuk membuktikannya tammet ditantang oleh Channel Five Documentary untuk mempelajari bahasa islandia dalam satu minggu, sebuah bahasa yang memiliki reputasi sebagai salah satu bahasa tersulit untuk dipelajari

4. Wanita yang tidak bisa lupa
http://1.bp.blogspot.com/_6I27LgG9bck/SdBV_pHkXwI/AAAAAAAAJFQ/zsfroXpXRNo/s400/mind-memory.jpg
"Kalender Manusia" itulah nama panggilan yang dipanggil kepada wanita yang mengontak UC Irvine Neurobiologist Jim McGaugh 6 tahun lalu dan berkata "Saya punya masalah, saya mengingat terlalu jelas" itulah cerita dari AJ seorang wanita super berusia 40 tahun yang mampu mengingat apa saja.
McGaugh dan rekan peneliti UCI Larry Cahill dan Elizabeth Parker telah mempelajari kasus unik dari orang yang "Otomatis mengingat tanpa henti" kenangan dari sejarah pribadinya dan kejadian publik yang tidak terhitung, jika anda mengambil sebuah tanggal secara acak 25 tahun yang lalu dan menanyakan kepada dia, dia akan selalu menjelaskan dengan detil apa yang terjadi kepadanya hari itu dan jika ada topik berita yang signifikan yang membuatnya tertarik dia selalu dapat mengingat hari apa itu dan bagaimana cuaca yang terjadi saat itu.
Wanita yang berinisial AJ ini sangat spesial sehingga UCI memberikan nama khusus pada kasusnya di dalam Journal Neurocase sebagai hyperthymestic syndrome

5. Manusia yang menggerakkan objek dengan pikirannya - Magnet Man
http://3.bp.blogspot.com/_6I27LgG9bck/SdBWMzn16QI/AAAAAAAAJFY/lS6MGq0gw4U/s400/Magnetic-Man-01.jpg
Miroslav Magola si manusia magnet menentang hukum gravitasi dengan kemampuan khususnya. dengan mengaplikasikan tenaga psiko kinesis dia dapat mengangkat apa saja benda benda dari metal hingga patung marble, dan memindahkannya ke udara melalui tubuhnya dan kemudian membuat sebuah kekuatan untuk memaksa benda itu tetap berada disana - singkatnya menggunakan kekuatan pikiran.
'Georgia Serif' Miroslaw telah mengembangkan kemampuannya untuk memanipulasi benda mati di udara untuk mengikuti kemauannya bahkan bisa membuat mereka berputar putar dan bergoyang, Kekuatan mentalnya sangat stabil sehingga dia bisa melompat saat sebuah benda sedang menempel di kepalanya tanpa kehilangan konsentrasi.
Miroslaw menjelaskan bagaimana dia menggunakan kekuatan psikokinetiknya kepada sebuah benda mati "ini bisa terjadi karena saya mengisi tubuh saya dengan energi dan saya menghubungkannya dengan itu dan pada waktu yang sama saya ingin objek tersebut terbang"
Sampai saat ini miroslaw telah menjalani beberapa test terkait dengan kemampuan khususnya dan sampai saat ini belum ada penjelasan logis dari ilmu pengetahuan konvensional tentang kasusnya

6. Wanita yang dapat tertawa dengan volume 110 Decibelshttp://3.bp.blogspot.com/_6I27LgG9bck/SdBWTDFI0gI/AAAAAAAAJFg/qNcNvjiU_3A/s400/woman-laugh.jpg
Jittarat Wongsomboon, wanita berusia 55 tahun asal thailand ini bisa tertawa dengan tingkat kebisingan suara sekitar 110 desibel, kedengarannya memang aneh tetapi ini kenyataan, pada 5 juli 2008, dia berpartisipasi dalam kontes tertawa yang diadakan oleh Ripley's International Laughing Contest di Pattaya Thailand, dan berhasil memenangkan kompetisi aneh ini dengan tertawa selama 12 menit 26 detik dan mencapai tingkat suara 110 desibel

7. Biksu yang menghasilkan Energi Panas Ajaib dari Tubuhnyahttp://1.bp.blogspot.com/_6I27LgG9bck/SdBWY67rIVI/AAAAAAAAJFo/DPGk0IpUEUA/s400/monk.jpg
Para ahli telah mempelajari tentang biksu budha selama lebih dari 20 tahun untuk mencari tahu bagaimana mereka melakukannya.. dengan menggunakan tehnik meditasi yang disebut tum mo. biksu ini dapat menurunkan kadar metabolisme tubuhnya sebesar 64 persen, sebagai pembanding di saat anda tidur kadar metabolisme dalam tubuh akan berkurang sebanyak 10 hingga 15 persen.. jauh lebih hebat dari ini, biksu biksu ini juga bisa meningkatkan temperatur dari jari jari mereka sebanyak 17 derajat. tidak ada yang tahu bagaimana caranya..

8. Manusia Kebal Rasa Sakit
http://3.bp.blogspot.com/_6I27LgG9bck/SdBWi4Rx2KI/AAAAAAAAJFw/9pbXxoRXQns/s400/Tim.jpg
Tim Cridland adalah seorang entertainer yang juga merupakan anggota kelompok sirkus rose, keahliannya adalah menelan pedang, berjalan di atas api, tidur diatas kasur paku (bahkan pernah dengan dilindas mobil toyota), tusuk badan dan juga menyetrum dirinya sendiri, tim mengatakan dia bisa melakukan ini semua karena dia telah menguasai ilmu mengendalikan pikiran.. namun para peneliti mengatakan bahwa tim lahir dengan sebuah mutasi yang menyebabkan dia tidak bisa merasakan sakit sebagaimana orang lain bisa merasakan sakit.
Secara singkat tim tidak bisa merasakan sakit akibat tidak berfungsinya sel saraf receptor yang menyampaikan rasa sakit ke otak

9. Pria yang dapat Tepuk tangan Sekeras Helikopterhttp://1.bp.blogspot.com/_6I27LgG9bck/SdBWoU6tI-I/AAAAAAAAJF4/qBty-z_H894/s400/zhangquan.jpg
Seorang pria cina yang dapat menepuk tangannya sekeras suara helikopter berharap untuk masuk ke buku rekor dunia, Zhang Quan berumur 70 tahun dari Chongqing city. tepukan tangannya di ukur dapat mencapat 107 desibel, sekitar 3 desibel lebih rendah dari suara baling baling helikopter yang sebesar 120 desibel.. Seorang pekerja dari perlindangan lingkungan mengatakan, Zhang dapat ditahan akibat polusi suara jika dia menepuk tangan terlalu sering..

10. Pria pemakan Segala
http://2.bp.blogspot.com/_6I27LgG9bck/SdBW2WFqtSI/AAAAAAAAJGA/E5Kq6KhmXyI/s400/mister-eat-it-all.jpg 
Pria ini dapat memakan apapun termasuk bahan bahan metal, kaca dan bahkan bahan bahan beracun sekalipun, Perut dari Michel Lolito ini tebalnya dua kali lipat dari orang normal..
Lolito tidak menderita penyakit apapun setelah dia memakan bahan bahan beracun sekalipun.. Lolito juga masuk ke Guiness Book of Record disaat dia memakan sebuah pesawat terbang yang dihabiskannya selama dua tahun.. mulai dari 1978 hingga 1980.

10 Kota Dunia Dengan Harga Parkir Termahal

Guna mengatasi kemacetan di kota padat kendaraan, biasanya pemerintah setempat memberlakukan tarif parkir yang sangat tinggi. Tujuannya tidak lain agar pengguna kendaraan pribadi beralih pada angkutan umum.

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga mewacanakan penerapan tarif parkir menurut zona. Tiap zona tarifnya akan dinaikkan bervariasi hingga lima kali lipat. Tentu saja langkah ini guna membatasi lalu lintas di pusat Ibukota.

Pembatasan kendaraan dengan menaikkan tarif 'gila-gilaan' sebenarnya sudah dilakukan beberapa kota surplus kendaraan. MSN Autos baru-baru ini merilis 10 kota dengan tarif parkir termahal dunia. Tidak hanya di Eropa dan Amerika, kota-kota di Asia juga telah menerapkan tarif parkir supermahal.

Berikut 10 kota dengan tarif parkir termahal di dunia:

1. London
http://4.bp.blogspot.com/_zXtFWr8lxLA/S7RQbMs9hrI/AAAAAAAAABg/V3bxKK3MzZo/s400/4.jpg
Anda bisa bangga tinggal di London, Inggris. Dekat dengan Istana Buckingham, dan Anda juga bisa melihat Big Ben, menara jam yang terletak di Gedung Parlemen di Westminster. Tapi Anda harus berfikir dua kali bila mengendarai mobil di sana.

Ya. Kota ini menerapkan tarif parkir termahal di dunia. Bayangkan saja, dalam sebulan parkir langganan di sana dikenai 578,87 pound sterling atau sekitar Rp8,3 juta.

2. Hong Kong
http://goshycab.com/wp-content/uploads/2010/08/5.-Hong-Kong.jpg
Hong Kong mungkin hanya sebagai daerah administratif Republik Rakyat China. Tetapi Hong Kong sebagai negeri persemakmuran Inggris menerapkan tarif parkir yang mirip dengan London.

Sebagai pulau yang lalu lintas keuangannya tinggi, Hong Kong termasuk kota yang sempit. Karena itu Hong Kong menerapkan tarif parkir langganan hingga Rp6,6 juta per bulan.

3. Tokyo
http://1.bp.blogspot.com/__dwEAGvZOsQ/S6zVaR2dSYI/AAAAAAAAABE/4AiLUpds6I4/s1600/st_tokyo_f.jpg
Kota metropolitan yang hyper-modern, Tokyo benar-benar ditata seefektif mungkin. 13 juta orang berdesakan tinggal di pusat kota dan 39 juta yang lain di pinggiran kota membuat Tokyo harus menjaga dari kemacetan.

Tak heran bila kota ini memasang tarif parkir Rp5,8 juta per bulan. Bahkan untuk tarif harian mencapai Rp773 ribu per kendaraan.

4. Roma
http://www.top-things-to-do.com/europe/Rome_colliseum.jpg
Mengemudi di Roma, Italia, adalah sebuah pengalaman yang sangat mengesankan. Anda bisa mengelilingi kota dengan keindahannya.

Tapi kalau untuk urusan parkir Anda harus merogoh kantong Rp5,4 juta dalam sebulan. Tidak murah bukan?

5. Zurich
http://www.switzerland-trips.com/Zurich/Zurich-Switzerland.jpg
Sangat mudah mengenang kota di Swiss ini. Kota yang dipenuhi dengan gedung-gedung kuno sebenarnya bukan tempat parkir ideal. Zurich tidak banyak memiliki tempat terbuka, seperti Australia. Tapi untuk urusan parkir, kota ini memasang tarif sangat tinggi, Rp5,35 juta per bulan.

6. Sydney
Kota di Australia ini menempati urutan keenam untuk urusan perparkiran. Bagaimana tidak, kota ini menerapkan tarif parkir langganan Rp5,2 juta per bulan per kendaraan.

7.Perth

Lagi-lagi Australia. Kota di Australia Barat ini menerapkan parkir yang sangat tinggi, meskipun penduduk di kota ini tidak lebih dari 7 ribu orang. Tarif parkir bulanan rata-rata di kota ini sekitar Rp5 juta.

8. Brussel
http://www.hervan.be/images/photolib/1089.jpg
Ibukota Belgia ini menjadi salah kota termahal tarif parkirnya di planet ini. Bagaimana tidak, tarif parkir di sana Rp4,8 juta per bulan.

9. New York
http://www.freefoto.com/images/1210/11/1210_11_58---Statue-of-Liberty-New-York-City_web.jpg
New York adalah salah satu kota di negara bagian Amerika Serikat yang menerapkan tarif parkir cukup mahal. Tarif parkir langganan bulanan dibanderol Rp4,7 juta dan Rp358 ribu per hari.

10. Kopenhagen

Ibukota Denmark ini kota yang paling ramah lingkungan. 36 persen penduduk Kopenhagen pulang-pergi bekerja dengan sepeda. Penerapan tarif parkir yang sangat tinggi juga menjadi salah satu penyebab banyaknya masyarakat yang menggunakan sepeda. Bayangkan saja, tarif parkir langganan di sana mencapai Rp4,7 per bulan. Sedangkan tarif harian Rp372 ribu.

6 Status Percintaan Ambigu


Manusia itu emang makhluk yang unik dan banyak macemnya. Kadang mereka lebih memilih sesuatu yang aneh dan nggak umum karena alesan-alesan tertentu. Dalam percintaan juga sama. Entah karena punya masalah dengan komitmen atau ada alasan pribadi lainnya, banyak orang yang lebih memilih untuk enggak meresmikan status hubungannya. Resmi maksudnya pacaran gitu lho.
Nah orang-orang itu lebih memilih untuk menamai status percintaan dengan pasangannya dengan status yang ambigu. Ambigu gimana ? Ya pokoknya mereka kayak orang pacaran, tapi judulnya nggak pacaran. Gitu deh pokoknya. Kita bahas satu persatu ya status-status ambigu tersebut.

1. Teman Tapi Mesra


Sejak dipopulerkan oleh duo vokal Ratu, istilah ini jadi cukup beken. Hubungan TTM ini kira-kira begini. Jadi kamu punya teman, teman sepermainan, dimana dia ada kamu juga ada disitu. Temen kamu ini manis, baik hati dan selalu ada ketika kamu butuh bantuan. Tapi suatu hari, kamu jadi bingung, soalnya dia bilang dia cinta sama kamu dan mau kamu jadi kekasihnya dia.
Nah sebenernya hubungan ini semuanya salah kamu. Kamu kan cuma temenan sama dia, terus ngapain kamu mesra-mesraan sama dia? Geer kan jadinya? Serba salah deh sekarang. Kalo kamu terima, nanti semuanya bakal jadi beda. Kamu nggak bisa ngejar layangan lagi sama dia. Pasti kamu disuruh nunggu di lapangan aja, karena dia khawatir kalo kamu ikut ngejar layangan nanti ditabrak mobil. Terus kalo kamu ajak dia main bola, nanti dia bakal pelan-pelan mainnya, ngebiarin kamu menang biar kamu seneng. Ih ngga asik kan.
Terus kalo kamu tolak, nanti dia ngambek, terus ngga mau temenan lagi deh sama kamu. Hayo, bingung kan ?

2. Hubungan Tanpa Status


Ini sebenernya adalah sebuah paradoks, seperti lagu-lagu yang judulnya “Untitled.” Hubungan HTS itu kan begini, kamu sama si dia deket, sering pergi berdua, ngomongnya aku-kamu, cerita-cerita hal yang personal dan intim, saling mencintai dan menyayangi, dan suka ehem-ehem juga dalam banyak kasus. Nggak ada bedanya sama orang pacaran kan? Tapi pas orang nanya “eh itu pacar lo?” kamu bakal jawab “Enggak, cuma HTS-an aja kok”
Nah. Status hubungan kamu itulah HTS. Tapi HTS itu kan artinya hubungan tanpa status. Jadi ya gitu. Paradoks. Ngerti nggak ? Kalo kamu ngerti film Inception atau Tree of Life hal remeh kayak gini pasti ngerti deh.
Jadi kenapa dong HTS-an ? Nah ini sebenernya cuma alesan doang buat orang-orang yang nggak bisa jaga komitmen. Nanti kalo ada orang yang lebih oke, pasangan kamu kemungkinan besar bakal ninggalin kamu buat dia. Saran kita sih, kalo kamu diajak HTS-an, silakan aja asal kamu juga punya cadangan. Jangan mau dikadalin dan ditinggal dengan tangan kosong !

3. Kakak Adek-an


Kakak Adek-an ini biasanya dilakukan sama abege-abege. Dan kadang-kadang ini jadi fase pedekate gitu. Jadi misalnya si cowok ama si cewek udah deket nih, sebenernya tinggal tembak aja, tapi emang dasar abege norak yang terlalu banyak pertimbangan, jadinya malah kakak adekan gitu. Tapi, tetep aja kergiatannya kayak orang pacaran. Cuma panggilan sayangnya adalah “kakak” dan “adik”, dimana yang cowok jadi kakak, yang cewek jadi adik. Ato yang tuaan jadi kakak, yg lebih muda jadi adik (Yaiyalah ya)
Sebetulnya hubungan seperti ini janggal. Masa kamu pacaran sama orang yang kamu anggep sebagai kakak/adek kamu sendiri? Coba deh, kamu kalo sama kakak/adek kamu ngapain? Berantem kan? Minjem barang sama duit, sama saling mengadukan ke papa mama kalo ada yang abis berbuat kesalahan. Terus sekarang coba kamu bayangin, kamu sayang-sayangan sama kakak/adek kamu. Nanyain dia udah makan apa belum dengan mesra, ngucapin selamat pagi selamat malam dengan manis. Terus kamu nonton tv sama dia sambil sender-senderan, peluk-pelukan… Terus ternyata nggak ada orang dirumah.. Kamu sama kakak/adek kamu liat-liatan… Jantung berdetak kencang.. Muka bergerak saling mendekat… Terus… Eh yakin kamu mau kayak gini sama kakak/adek kamu? Sinting.

4. Cem-Ceman


Cem-ceman sebenernya mirip sama HTS, tapi beda. Jadi ceritanya kamu suka sama seseorang, kamu pengen deket sama dia, tapi kamu nggak mau pacaran. Jadilah orang itu sebagai cem-ceman kamu. Dan seperti hubungan yang udah dijelasin diatas, jalannya hubungan mirip-mirip sama orang pacaran. Kamu sering kencan sama dia, telpon-telponan gitu lah. Mirip sama HTS kan? Bedanya adalah kalo HTS hubungannya atas dasar suka sama suka, dan sama-sama setuju buat HTS. Kalo Cem-ceman hubungannya sepihak. Jadi nggak ada tuh persetujuan antara keduabelah pihak untuk menjalani sebuah hubungan.
Sebenernya main cem-ceman ini agak jahat sih. Kalo cem-ceman kamu suka itu nggak mau pacaran juga dan santai aja sih ngga apa-apa. Tapi kalo si cem-ceman kamu ternyata naksir jg sama kamu dan ngarepin kamu buat serius, jatohnya nanti kayak kamu cuma mainin dan ngegantungin dia. Kalo kamu emang mau cem-ceman, kamu harus ati-ati dan pinter dalam menghadapi cem-ceman kamu, jangan sampe kamu dianggep cuma ngemainin dia, nanti reputasi kamu bakal jadi jelek dan susah nyari mertua yang mau ngawinin anaknya sama kamu, ketika kamu udah mau berumah tangga.

5. Lagi Break


Orang kalo pacaran kan nggak selalu langgeng adem ayem. Pasti ada berantemnya, masalah kecil maupun gede. Nah kadang-kadang buat pasangan yang udah lumayan lama pacaran dan menghadapi masalah gede, numpuk atau ada unsur-unsur prinsip, mereka biasanya suka break dulu untuk mendinginkan suasana supaya bisa mencari jalan keluar yang terbaik. Umpanya kayak kamu lagi maen game, terus udah mentok nih, kamu pause dulu, istirahat, tapi ya nanti terserah kamu mau lanjut apa enggak.
Ketika lagi break, status percintaan kamu sebenernya lagi nggak jelas. Jomblo enggak, tapi punya pacar juga enggak. Biasanya tiap pasangan yang lagi break punya aturan masing-masing tentang nyari selingan pas break ini. Terlepas dari peraturannya, break itu harusnya buat introspeksi dan nyari solusi masalah. Tapi biasanya, break malah digunakan buat nyari ban serep, kalo-kalo hubungan yang ini udah nggak ketolong lagi. Atau, sebenernya pasangan kamu udah punya serep, tapi karena takut dibilang selingkuh, makanya dia minta break biar dia bisa bebas main-main sama si serepnya.
Nah jadi ya adik-adik, kalau hubungan kamu lagi nggak enak terus tiba-tiba pasangan kamu minta break, berhati-hatilah dia udah punya pengganti kamu, dan sekaligus bersiap-siap untuk nyari yang baru. Semangat !

6. It’s Complicated


Ini dia, status ambigu yang paling megang di dunia percintaan. Sampe-sampe status ini disediakan khusus di Facebook, karena saking banyaknya orang yang lagi It’s Complicated sama pasangannya.
Hubungan yang It’s Complicated itu seperti apa ? Kira-kira begini: Kamu sama pasangan kamu udah 4 taun bersama. Kamu saling menyayangi, dan rela berkorban untuk masing-masing. Kalian udah kenal dan lumayan deket sama keluarga satu sama lain. Temen-temen pada bilang kalian adalah pasangan serasi dan nyuruh cepetan kawin.
Semua terasa indah, masa depan terlihat cerah. Namun tiba-tiba bokap nyokapnya pasangan kamu suatu hari bilang ke dia kalo mereka sebenernya kurang sreg sama kamu. Padahal selama ini mereka sama kamu baik-baik aja. Terus pasangan kamu cerita lah sama kamu, dan hubungan kamu jadi kerasa aneh. Pasangan kamu, yang anak berbakti pada orang tua akhirnya ngalah sama keinginan bokap nyokapnya.
Akhirnya kalian pun putus. Tapi karena perasaan nggak bisa diboongin, kalian masih sering ketemu diem-diem, walaupun hubungannya udah beda. Kamu pun sedih dan curhat ke temen cewek kamu. Begitu pula pasangan kamu, dia curhat ke temennya dan salah satu temen cowoknya mengambil kesempatan karena si mantan kamu ini jomblo dan emang oke. Dan karena si cowok ini baik orangnya, mantan kamu ya seneng-seneng aja. Terus si cowok ini nembak, tapi ditolak karena mantan kamu hatinya masih buat kamu. Karena kesel dan patah hati, si cowok ini ngejauh dari mantan kamu dan bikin gosip-gosip nggak enak tentang dia. Mantan kamu akhirnya stress, dan kabur dari rumah.
Sementara, kamu pun jadi deket sama temen cewek kamu dan tiba-tiba dia ngaku kalo selama ini dia naksir kamu dan rela untuk bantu kamu ngelupain mantan kamu ini supaya kamu bisa bersama dia. Tapi sebenernya dalam hati, kamu nggak mau ngelupain mantan kamu, karena kamu yakin dia adalah jodoh kamu. Kamu pun kebingungan dan di tengah-tengah kebingungan itu kamu ketemu kakek-kakek misterius yang ngaku punya pesan dari masa depan. Dia bilang kamu ngga boleh pusing-pusing tentang hal ini, karena tidak lama lagi mesin-mesin akan bangkit melawan manusia, dan kamu ditakdirkan menjadi harapan terakhir umat manusia.
Ribet kan ? Namanya juga It’s Complicated.
Kamu punya pengalaman percintaan yang ambigu ? Atau percintaan kamu lebih aneh lagi daripada 6 status diatas ? Ayo di share di comment.

10 Koleksi Terunik di Dunia

Dimistris Pistiolas, Athena, Yunani. Memiliki koleksi kamera film terbanyak di dunia, kamera ini milik pribadinya, Gan. C Dimitris ini memiliki 937 kamera model vintage dan juga punya proyektor.

Orang Asal cina ini, Wang Guohua, sudah sejak tahun 2003 mengoleksi bungkus rokok, Gan. Dia nyimpen bungkus rokoknya di sebuah kamar di kota Hangzhou, provinsi Zhejiang, Cina. Koleksinya sekarang dah lebih dari 30.000 bungkus meliputi lebih dari 100 area produksi, dan lebih dari 10 Negara.

Nah, Klo yang ini udah masuk rekor dunia Guines Record Book pada tahun 2010, edisi Gamers. Lisa Courtney mengoleksi Pernak-pernik yang berhubungan dengan Pokemon. Ga tanggung-tanggung, Gan. Dia punya 12.113 buah benda.

Ini gambar di ambil di basement seorang kolektor, Ron Hood, yang berada di daerah Lewiston. Orang ini ngoleksi PEZ (wadah permen) ama merchandise. Dia saat ini baru memiliki 3000 PEZ, boleh dibilang masih sedikit.

Seorang petani, Heinrich Kath, memperlihatkan beberapa koleksinya berupa cangkir-cangkir Beer, jumlahnya lebih dari 20.000, Gan. Dia tinggal di Cuxhaven, Jerman. Yang anehnya, orang ini ternyata tidak meminum beer tapi dia suka mengoleksi gelas beer(Mug) sejak tahun 1997.

Valli Hammer, seorang kolektor bebek karet. Tak ada dari koleksinya yang persis sama. Memang bukan yang terbanyak di dunia sih, rekor dunianya diklaim oleh orang California. Tapi Valli saat ini sudah memiliki 2.469 bebek. Dia pun sama ingin menjadi rekor dunia

Guinness Record Books sudah sangat mengenal orang ini, Pam Barker yang berasal dari Leeds. Dialah pemegang rekor kolektor item burung hantu dengan jumlah lebih dari 18.000

Mary Ann Jual dari Cincinnati, memiliki 40.000 gulungan View-Master di koleksi pribadinya, dianggap sebagai kolektor dunia terbesar di Green Bay, Wisconsin.

Bermula dari gantungan kunci yang dibeli di Vietnam (di mana ia menjabat sebagai penembak helikopter pada saat peperangan) 41 tahun yang lalu. Ron Tyler akhirnya menjadi kolektor barang ini di sepanjang kehidupannya.

Sharon Bladgey mengoleksi 6.000 boneka santa claus. Sehingga butuh waktu 3 minggu untuk bisa membuatnya layak ditampilkan pada dunia